Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Rahasia dan Manfaat Minyak Zaitun

Posted by ronysetyo on July 3, 2007

Nabi saw. telah berpesan agar kita mengkonsumsi dan memakai zaitun sebagai minyak. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ada enam belas pakar kedokteran paling tersohor di dunia berkumpul di Roma pada tanggal 21 April 1997 M, untuk menerbitkan beberapa pengarahan dan keputusan bersama tentang tema “Minyak Zaitun dan Nutrisi Laut Putih Tengah”.

Dalam pernyataan tersebut, mereka menegaskan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan andil melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas, di samping minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker.

Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya
Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyi-sakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

Minyak Zaitun Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah
Dalam sebuah kajian yang dipublikasikan pada bulan Desember tahun 1999 M di Majalah AMJ CLIN NUTRL para peneliti menyatakan bahwa nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengu-rangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.

Minyak Zaitun Menurunkan Angka Kematian
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desember 1999 M, menunjukkan bahwa negara paling miskin di Eropa, yaitu Albania, yang berpenduduk muslim, memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian di sana. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, separoh dari keadaan di Britania. Hal itu dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam makanan para penduduk Albania.

Minyak Zaitun Mengurangi Pemakaian Obat-obatan Penurun Tekanan Darah Tinggi
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia dan dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine, tanggal 27 Maret 2000 M, telah diadakan studi terhadap 32 pasien yang terkena penyakit tekanan darah tinggi dan mereka itu mengkonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi.

Hasil studi menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin di kalangan mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun.

Minyak Zaitun Mengurangi Serangan Kanker
Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, dan kol.

Minyak Zaitun Mencegah Timbulnya Kanker
Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, dia merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis, ia berkata, “Pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.”

Minyak Zaitun dan Kanker Payudara
Sebuah studi yang dipublikasikan di bulan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 wanita yang terkena kanker payudara, menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengkon-sumsian minyak zaitun, dan bahwa banyak mengkonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine edisi Agustus 1998 M menegaskan bahwa pengkonsumsian sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45%.

Minyak Zaitun dan Kanker Rahim
Majalah Kanker Britania mempublikasikan di bulan Mei 1996 M sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengkorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%.

Minyak Zaitun dan Kanker Lambung
Sejumlah studi ilmiah modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengurangi terjadinya kanker lambung. Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan mengenai hal ini.

Minyak Zaitun dan Kanker Colon
Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa peng-konsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon.

Minyak Zaitun dan Kanker Kulit (Melanoma)
Majalah Dertmatdogg Times edisi bulan Agustus 2000 M menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa meng-gunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma).

Minyak Zaitun Mengurangi Timbulnya Tukak Lambung
Dr. Samût, dari Universitas Harvard Amerika, menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan pada bulan Oktober 2000 M.

Dr. Samût menegaskan bahwa gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

Minyak Zaitun Berkhasiat Seperti ASI
Dalam sebuah studi modern yang dipublikasikan di bulan Februari 1996 M di Universitas Barcelona, Spanyol, yang dilakukan terhadap empat puluh wanita yang menyusui, diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.

Minyak Zaitun Mengurangi Peradangan Sendi
Majalah AMJ CLIN NUTR edisi November 1999 M, mempu-blikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian semacam arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa memberikan andil dalam melindungi tubuh dari terjadinya penya-kit ini.

Minyak Zaitun Membunuh Kutu Kepala
Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.276)

Sumber :
http://www.thibbun-nabawi.com/kesehatan/rahasia-dan-mukjizat-minyak-zaitun-2.html
Katalog Produk & Harga

114 Responses to “Rahasia dan Manfaat Minyak Zaitun”

  1. munirotul ainy said

    ok banget thank’s infonya. q tunggu infonya lagi yach!!!!??????

  2. Tiara said

    thank you!!! informasi ini sangat berguna unutk saya.

  3. wijono said

    TQ infonya. Tekanan darahku sekarang 140/90 kata dokter setiap hari mesti minum obat penurun tekanan darah. Aku pikir obat kan zat kimia lebih baik cari yang alami.Aku akan coba minum minyak zaitun

    # Silahkan dicoba juga Habbatussauda Pak.
    Insya Allah bermanfaat

  4. dewi permata sari said

    makaci…..
    infonya berhrga utk Q…. coz br bli minyak zaitun n pgen tau lbh dalam manfaat lainnya.

  5. ipul said

    bgs informasinya tp cara pemakaiannya ada g?

  6. aturan minumnya untuk masing-masing penyakit seberapa banyak dosis/ ukurannya, apakah diminum begitu saja ataukah boleh melalui masakan, dan apakah tidak mengurangi khasiatnya kalau terkena panas

  7. rizky borne said

    Kayaknya diminum langsung atau dibuat masak sama2 punya khasiatnya deh…Aman dan bisa menurunkan kolesterol jahat.Tapi sayangnya harganya mahal…Coba pemerintah Indonesia menggalakkan penanaman pohon zaitun sejuta hektar…he..he..he…Ga usah tananm sawit lagi.

  8. wijono said

    Kalau aku tiap hari rutin minum minyak zaitun sesendok makan. Aku minum kira-kira baru sekitar 2 bulan ini. Alhamdulillah tensi yang tadinya 140/90 sekarang menjadi 120/80. Obat dokter sudah aku tinggalkan. Memang harganya agak mahal.

  9. puspa said

    gue dmen bgt ma masakan yg mengandung dari minyak zaitun

  10. sukijan said

    minyak bisa buat mask ga ya????
    # bisa, biasanya utk tumis

  11. nina said

    saya baru 2 minggu ini mengkonsumsi minyak zaitun… kulit wajah saya berminyak dan sensitif .. apakah minyak zaitun bisa menyebabkan wajah saya tambah berminyak dan berjerawat… karena skr ini wajah saya timbul jerawat baru… mohon infonya… terima kasih saya ucapkan..

    • uul said

      minyak zaitun insyaAllah ga bikin kulit makin berminyak, soal nya dia menyerap kedalam kulit. cobain deh, insyaAllah kerutan2 sama jerawat di wajah akan hilang. aku udah nyoba, sekarang aku udah gak pake kosmetik kimia lagi.

  12. nina said

    pengaruh ga untuk kulit berminyak dan berjerawat?

  13. nunu said

    aku di jedah ksa biarpun oseng2 kangkung,buncis,pare ku oseng pakai minyak zaitu di sini murah.. to nyampurin salad enak deh.. ya aku tak mau ikutin cara makan timur tengah kalau ikutin pola makan sini udah gemuk susah nurunin.. mereka zaitun to beans\ful arab,humus acar,tapi to masak lainya ngeri deh minyak,samin\margarine,dagingnya sama lemak di jadiin satu makanya orang timteng banyaknya kegemukan..

  14. nunu said

    to yang tak tau minyak zaitun bisa buat numis\oseng enggak?? bisa kaya menggunakan minyak nabati lainnya.. rasanya baunya agak lain tapi rasanya enak kok yang penting bawang merahnya di oseng sampai coklat baru cabe and sayuranya.. aku sudah lama membiasakan hidup sehat biarpun nggak punya penyakit diabetes dll tapi apa salahnya kita jaga selagi masih muda.. fitnes,minum air putih yang banyak,sayur,buah lebih bagus dari daging dan mendekatkan diri sama Alloh.. alhasil body sexsi awet muda,suami sayang terus, hidup ini indah bila kita jaga dan hayati terasa damai deh..

  15. M. Andol said

    alhamdulillah, melalui minum rutin minyak zaitun tensiku semakin turun tanpa obat kimia. Juga kolesterol dan asam uratku jadi normal. Syukron katsiron, Obat Nabawi memang benar.

  16. adzinar said

    apakah minyak zaitun bisa juga untuk menyembuhkan rematik ?

    # Rhematik konsumsi herba songgolangit
    Barakallahu fiikum

  17. alias said

    Bang, di mana bisa saya mendapatkan anak benih pokok zaitun, adakah ia cocok di tanam di malaysia

  18. agung nugroho said

    thank infonya

  19. aziza said

    WaH, diriku mulai termotivasi. Madu & minyak Zaitun jadi rutin tiap pagi. SEMANGAT 🙂

  20. Sujiyanto said

    Terima kasih informasinya.. skrang saya baru tahu ternyata Minyak Zaitun manfaatnya banyak sekali utk kesehatan tubuh..

  21. itha jah said

    maZ atO mba’, kayanYa aQ kenA kanker payudara dech
    itu c kt orG yang ngecek keseHatan aQ paz maganG 2 tahun yang lalu.
    PadahaL umuR ku baru 23 belom geNap
    pLease…
    cara penyembuhan pake minyak zaitunna kunaoN??
    Aq taKut Klo muzti ke doKter, palI masuk Ruang bedaH
    jangAn ampe dech..

  22. bams said

    kalo cara pembuatan minyak zaitun gimana ya?
    tolong emailin ke bamstk08@gmail.com

  23. Dominik said

    Minyak Zitun merek apa yang terbagus….dan dimana dapatnya…untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

    • ronysetyo said

      Banyak yang bagus akh..
      Utk tambahan pengetahuan..kalo mau diminum langsung cari yang ada tulisana Extra Virgin ..itu artinya Zaitun Perasan pertama dari buahnya..
      kandungan gizinya lebih banyak Insya Allah
      Silahkan sms ke kami di 0811 960 940 utk info harga dan produk
      Barakallahu fiikum

  24. evan said

    boleh diminum langsung saja minyak zaitunnya??
    saya minum dengan dicampur dengan jus buah buatan sendiri, tanpa es. apa boleh yah???

    terima kasih…

  25. zaid said

    subhanaaloh maha suci Allah

  26. garih B said

    terima kasih atas infonya

  27. aponcho said

    benar, bro, minyak zaitun jg sangat jitu sembuhkan stroke. Paman gw stroke pd tubuhx sblah kiri, minum minyak zaitun extra virgin olive oil tiap hari selama 3 bulan strokex sembuh,, loh, pdhal strokx sdh 5 tahunan lebih, tp gtu dicoba minum minyak zaitun,,, eh,, ternyata sembuh deh,,, makax gw akui,,,deh,,,, minyak zaitun bnar2 karunia dari Tuhan untuk umat manusia,,, gw sangat brsukur dengan adanya minyak zaitun, dari yang maha tinggi,, amien,,,

  28. tinie said

    Kolesterol saya 176 dan suka pegal di leher belakang, lambung saya juga bermasalah tapi setelah saya minum extra virgin olive oil, pegel di leher sudah berkurang walaupun saya blm cek lagi dan lambung saya juga sdh engga pernah perih lagi, subhanallah

  29. anshor said

    apakah ada hadist tentang zaitun menurut hadist???

    • damay said

      Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:”makanlah buah zaitun dan berminyaklah dengannya karena sesungguhnya ia dari pohon yang diberkahi(HR. Tirmidzi,dll)

  30. siti maesyaroh said

    sekedar info, saya punya stock minyak zaitun asli yang belum di campur dengan bahan lain dalam jumlah banyak, Apabila ada yang berminat bisa sms 0856 7387 062 / 021 9142 7344 harga perliternya Rp 80.000,-masih bisa di nego.

    syukron y, smoga kita bisa kembali pada islam sepenuhnya.

  31. EVI said

    mau tanyanih bisa gak minyak zaitun digunakan untuk menghilangkan jerawat

    • ronysetyo said

      Utk Jerawat bisa konsumsi libas jerawat atau obat yang extract nya Lakomedo (telah bersertifkat BPOM)
      Smg bermanfaat
      Barakallahu fiikum

  32. Tresna said

    Sy minum cuka apel stlh makan, apakah tdk apa2 bila sy jg minum minyak zaitun?

  33. Arira said

    Mau bertanya, mungkin gak minyak zaitun yang biasanya untuk memasak digunakan untuk tubuh atau rambut?

  34. andi tenrie said

    Yth, Pak Ronysetyo,

    Assalamu alaikum, mau nanya ya, Pak! Minyak zaitum ada dua macam tuh warnanya ada berwarna hijau dan ada berwarna bening, yang mana lebih baik? Bagaimana caranya untuk mengetahui minyak zaitun itu asli atau tidak?

    Wassalam

    • ronysetyo said

      Biasanya yang extra virgin (perasan pertama) warnanya hijau…
      Extra virgin lebih bagus dan lebih mahal..karena memang perasan pertama..
      dan ini biasanya utk dikonsumsi langsung…
      Semoga bermanfaat
      Barakallahu fiikum

  35. yolanda said

    Hai.. Saya baru aja dapat minyak zaitun dari Lebanon dimana lefting suami saya bertugas.. Minyaknya agak berwarna hijau.. Apakah minyak zaitun ini layak untuk langsung dikonsumsi? Atau harus diolah dulu?

    Best Regard,

  36. Hijrah said

    Assalm..
    Sy pke’ minyak zaitun tp sy tdk meminumnya.. Sy hnya mengoleskan pd tangan dan kaki sy lyaknya handbody krn sy dngar minyak zaitun dpt memuluskan kulit.

    Ap it bnar? Dan ap kah cra sy mnggunakannya itu jg sdh bnr?
    Apakah minyak zaitun jg dpt memutihkan kulit?

  37. novie said

    waww ..keren . di arab saudi banyak minyak zaitun .

  38. hadi putra said

    ijin copas artikel ini di blog saya blh ga ?
    terima kasih ya.

  39. dewi said

    makasih infonya yang sangat bermanfaat…. mohon ijin share yah…

  40. farhan said

    kalau yang perlu pohon zaitun …silahkan hubungi ,helley 0816 188 2594 – jakarta .

  41. Helmy Baharun said

    SUBHANALLAH…SAYIDUNA MUHAMAD ASSHODIQUL MASDUQ.Trm ksh informasinya.

  42. riduan said

    tuk menurunkan kadar gula dalam tubuh, sebaiknya minyak zaitun diapakan yaa?

  43. tiangbungkuk said

    ada zaitun merah gak ya?

    • damay said

      setahu sy sih zaitun itu hitam & hijau.
      bs kok klo kmu maksain jd merah ksi p’wrn mknan wrn merah aja.
      cm aneh aja & sptnya menentang ciptaan Yang Kuasa ya?!
      Allah m’ciptakan alam & isinya kan dgn berbagai k’unikan jg ciri khasnya msg2.
      zaitun yg mungil imut2 lonjong dgn wrn hitam /& hijaunya dgn berbagai mcm manfaatnya.

      klo merah???
      kan ada cherry yg bulat dgn tangkainya yg rada panjang.
      (wow…bgt menggugah selera?! menantang gitu loh….;-p

  44. Eka said

    Apakah minyak zaitun bagus digunakan untuk ibu hamil, coz kata’y ada yg bilang minum itu bs melancarkan persalinan??

  45. mui said

    okk, bgat tapi bagaiman cara pemakaianya???

  46. Echa said

    Apa boleh buat ibu hamil?

  47. Subhanallah

  48. asep maskun said

    tensi darah saya tidak stabil kadang naik kadang stabil dan mata saya juga terkena minus silinder 0,25 kanan dan kiri sering pusing,bisakah di obati dengan minyak zaitun bagaimana caranya.tensi darah saya tidak stabil kadang naik kadang stabil dan mata saya juga terkena minus silinder 0,25 kanan dan kiri sering pusing,bisakah di obati dengan minyak zaitun bagaimana caranya.

  49. irma faradilasanti said

    untuk menyembuhkan kelenjar teroid bisa ga…?
    sya sdh minum minyak zaitun extra virgin krung lebih 3 bln mohon
    infonya, mksh 🙂

  50. abdullah said

    saya punya keluhan dimana saya sering kencing-kencing bahkan kencing dicelana dimalam hari..ketika saya konsultasi ke dokter, kata dokter saya terkena infeksi saluran kemih…apakah bisa dengan minyak zaitun infeksi saluran kemih saya sembuh dan tidak sering kencing lagi ?

  51. arie said

    pa bisa untuk pengobatan pada vitiligo

  52. gogo said

    mantab neh infonya..

  53. kok yang nanya dan yang nangaapin namanya SAID semua ??? sekeluarga ya said

    kok yang nanya dan yang nangaapin namanya SAID semua ??? sekeluarga ya ….. trims infonya

  54. che said

    apakah bagus kalo diminum ibu hamil?

  55. Qis said

    terima kasih infonya 🙂

  56. ita said

    pengen tanya katanya juga bisa nyembuhin borok, dg mengoleskan minyak zaitun pada daun bakung yg dilayukan dan ditempel pd borok tersebut, apa iya? karena ibu sy luka pada bagian bokong karena terbaring lama dan menggunakan diapers terus menerus menyebabkan borok dibokong, sy bingung gimana ngobatinya dan cara merawatnya yang benar???

  57. Artikel yang bermanfaat, saatnya kembali ke pengobatan iskami..

  58. Abbas said

    bolehkah minum minyak zaitun untuk ibu hamil dan pada umur kehamilan berapa? syukron

  59. nur hadi said

    setelah saya tau manfaatnya maka saya mengkonsumsi trim ya

  60. yukhanif said

    terima kasih…info yg sangat bermanfaat

  61. Udh lm saya g minum kapsul zaitun,dlu bs meredakan nyeri sendi saya.

    • ronysetyo said

      Alhamdulillah, untuk menjaga kesehatan bisa dilanjutkan lagi mengkonsumsinya, tersedia kemasan minyak atau minyak dalam kapsul…

  62. SUDARNO, H. said

    Good news and real

  63. agam said

    di mana beli minyak zaitun

    • ronysetyo said

      Bisa di toko-toko herbal terdekat, jika kesulitan bisa dikirim langsung dari sini

      • Eva said

        Saya suka. Beli minyak zaitun di swalayan, tapi brangkali Bapak punya yang lbh baik dan asli. Saya pesan dong pak, berapa harganya? smg tdk mahal2 amat ya pak. Tolong hub saya 081317063888. Tks. Bu Eva.

      • ronysetyo said

        Minyak Zaitun yang bagus adalah yang perasan pertama, ada Le Riche, Al Amir harga silahkan dipilih di halaman depan blog ini..Barokallahu fiikum

  64. Ade WAHAB said

    Mohon info, dong…
    Bagaimana cara konsumsinya?
    Sehari boleh berapa kali dan berapa takarannya?

  65. ulfa said

    Terima kasih informasi yang sangat bermanfaan ,, Subhanaallah

  66. dhiaz said

    saya tertarik untuk minum minyak zaitun, aturan minumnya bagaimana….? sebaiknya pagi, siang atau malam….? sebelum makan atau sesudah makan….? trim,s sebelumnya.

  67. bu priyanti said

    Assalamualaikum,sy mau tnya.bpk sy kebetulan DM ma kt dokter penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan kedua tangannya lemas tdk bs utk beraktifitas,apa bs mengkonsumsi minyak zaitun,kebetulan sy dkrimi suami sy yg sedang bertugas dilebanon.trz cr mengkonsumsinya bgaimana..
    mohon jawabannya

    • ronysetyo said

      Bisa di coba 1×1 kapsul atau sendok bangun tidur dan 1 x1 kapsul atau sendok sebelum tidur..

      • bu priyanti said

        jd sehari 2 kali y pak??,sebelum tidur sm bangun tidur..trz itu pke sendok teh/sendok makan??terima kasih

      • ronysetyo said

        dicoba 1 sendok teh dulu…semoga Allah selalu memberikan kesehatan pada kita semua ..barokallahu fiikum

  68. anissa said

    Siang mas… mau nanya nih, di beberapa artikel tentang minyak zaitun ko cara minumnya beda2 ya?
    ada 2 versi :
    1. minum 1 x 1 sendok teh per hari. Dan sebaiknya “JANGAN LANGSUNG MINUM AIR PUTIH”, kecuali minum jus atau teh atau makan buah, atau kue/roti.
    2. minum satu jam sebelum atau sesudah makan. Diantara selang waktu yang disebutkan tadi, dilarang makan atau minum apapun termasuk gosok gigi, dan “HANYA AIR PUTIH YG TIDAK DILARANG” (bagi yang haus boleh).
    Mass… jd bingung nih, cara yg bener yg mana ya, habis minum minyak zaitun, boleh minum air putih ga ya?

  69. nikke said

    apakah minyak zaitun bisa menambahnafsu mkn pada anak

    • ronysetyo said

      Untuk penambah nafsu makan yang lebih cocok curcuma (temulawak),produk yang bisa dicoba : madu zait curcuma Griya Annur atau Madu Herbal Nafsu Makan&Cacingan Syifa Kids 100ml, dan satu lagi saran dari seorang dokter di daerah saya, salah satu kunci penambah nafsu makan anak adalah ada pada ibunya..artinya ibu harus kreatif mengolah makanan..barokallahu fiik

  70. yumna said

    assalamu ‘alikum
    org tua saya sudah usia 65 tahun.ibu say itu susah jalan..klu jalan2, dia slalu kecapean…klu minum munyak zaitun bagus ga ya?gmn cara minumnya?

    • ronysetyo said

      Insya Allah bagus,untuk usia lanjut jika gangguan pada kaki disebabkan karena asam urat banyak yang cocok minum herbal asam urat ..

  71. Popi said

    Apakah aman atau tidak bila minyak zaitun diminum oleh ibu hamil?

  72. ebony said

    trimakasi informasix

  73. minul said

    Bisa buat diet juga ϑº°˚˚°ºoŋK ,,,, dimana yah pembelian yang aman??

  74. indry said

    Bisa buat diet kah brp kali minum nya untukdiet tks
    U

Leave a comment