Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Detoks Berguna untuk 5 Bagian Tubuh

Posted by ronysetyo on July 1, 2011

Jakarta, Tubuh sebenarnya mampu mengeluarkan racun dan membangun sistem detoksifikasi sendiri seperti pada hati, ginjal, paru-paru dan kulit. Tapi melakukan diet detoks juga ada manfaatnya setidaknya pada 5 bagian tubuh ini.

Diet detoks yang sukses dapat membantu hati dan kantong empedu, serta merangsang sistem limfatik. Diet detoks juga membantu membersihkan darah, menghilangkan cairan, meningkatkan panas tubuh dan meningkatkan gerakan usus. Untuk alasan ini, detoksifikasi tubuh juga dapat membantu perempuan dalam upaya penurunan berat badan.

Dilansir dari Livestrong, Kamis (14/10/2010), berikut 5 bagian tubuh yang mendapatkan manfaat dari diet detoks:

1. Sistem limfatik
Sistem limfatik mengalirkan kelebihan cairan dari seluruh jaringan tubuh. Dalam kelenjar getah bening, bahan asing dan infeksi cairan bening disaring sebelum memasuki darah.

Sistem limfatik yang tidak beres ditandai dengan mata bengkak, pergelangan kaki bengkak, retensi cairan, kulit atau mata kusam. Menyingkirkan kelebihan cairan ini juga dapat membantu perempuan menurunkan berat badan.

Untuk membantu merangsang sistem limfatik bisa menggunakan ramuan seperti jahe, oregano, cabe rawit dan rosemary. Olahraga teratur juga akan membantu dengan meningkatkan aktivitas getah bening dan membakar kelebihan berat badan.

2. Hati

Hati adalah organ yang paling sulit bekerja di tubuh selama proses detoksifikasi. Salah satu tugasnya adalah untuk mengubah limbah tubuh seperti amoniak dan racun yang diproduksi ketika tubuh memecah protein. Hati juga memecah racun seperti obat-obatan, alkohol, racun makanan dan zat-zat berbahaya lainnya.

Herbal dan makanan yang dapat membantu detoksifikasi hati antara lain akar dandelion, peterseli, apel, minyak zaitun, ketimun dan bawang.

3. Sistem kemih

Untuk membantu proses ekskresi, sistem kemih yang sehat sangat penting. Makanan dan olahraga dapat membantu mempercepat pembuangan limbah tubuh melalui urine. Pembentukan urine akan membantu melepaskan retensi air yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Makanan dan bumbu yang dapat membantu detoksifikasi sistem kemih seperti dandelion, lovage, jelatang, peterseli, asparagus, ketimun dan bawang.

4. Sistem sirkulasi

Sistem sirkulasi yang sehat dapat meningkatkan sirkulasi darah serta membantu memberikan oksigen dan nutrisi untuk tubuh. Hal ini juga meningkatkan panas tubuh dan keringat, yang membakar kalori dan mengeluarkan air untuk menurunkan berat badan.

Untuk alasan ini, diet detoks berfokus pada pemurnian darah. Makanan yang dapat membantu memurnikan darah seperti bawang putih, daun bawang, bawang merah, daun bawang putih dan dandelion. Sedangkan untuk meningkatkan panas tubuh dan keringat gunakan bunga calendula, thyme (thymus), mustard dan teh hijau.

5. Gerakan usus

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mendorong perut untuk bekerja menghilangkan akumulasi racun dan zat lain dalam tubuh. Oleh karena itu, buang air besar sering dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Dalam diet detoks, bumbu dan makanan yang memiliki efek pencahar antara lain burdock, akar dock, minyak zaitun dan jus lidah buaya. Olahraga teratur juga akan merangsang kerja usus yang sehat.
(mer/ir)
Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2010/10/14/080950/1464523/766/detoks-berguna-untuk-5-bagian-tubuh

One Response to “Detoks Berguna untuk 5 Bagian Tubuh”

  1. Pangeran said

    artikel yg bagus, gan..
    jayalah tanaman herbal Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: