Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Menggoreng dengan Minyak Zaitun Lebih Sehat Untuk Jantung

Posted by ronysetyo on January 30, 2012

Minyak Zaitun Bisa dipake menggoreng

Jakarta – Gorengan merupakan jenis olahan makanan yang paling disukai karena rasa yang renyah gurih. Namun, resiko lemak berlebihan menjadi ancaman. Riset di Spanyol memberi saran untuk menggoreng dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

Minyak yang berasal dari buah zaitun ini biasa digunakan untuk memasak, kosmetik dan bahan membuat sabun. Minyak zaitun mengandung nutrisi yang tinggi, dan punya banyak manfaat salah satunya dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Berita yang dilansir ScienceDaily (24/01) menyebutkan, makan makanan yang digoreng dengan minyak zaitun tidak memiliki efek buruk pada jantung yang mengakibatkan kematian dini. Selain minyak zaitun, minyak bunga matahari juga punya manfaat yang sama. Pernyataan tersebut juga diterbitkan dalam British Medical Journal secara online.

Penelitian telah dilakukan di Spanyol (salah satu negara Mediterania). Di sana minyak zaitun dan minyak bunga matahari yang digunakan untuk menggoreng mungkin hasilnya tidak akan sama seperti di negara lain yang biasanya menggunakan kembali minyak yang sudah dipakai menggoreng.

Seperti dinegara-negara Barat, menggoreng adalah salah satu metode memasak yang paling populer. Ketika makanan digoreng kalori akan bertambah. Selain itu makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan beberapa faktor resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan obesitas. Tapi itu semua belum sepenuhnya diteliti.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Pilar Guallar-Castillon dari Universitas Otonom Madrid, dengan mensurvei metode memasak sebanyak 40.757 orang dewasa, berusia 29 hingga 69 tahun. Saat penelitian dimulai tidak satu pun peserta menderita penyakit jantung.

Masing-masing peserta diwawancarai tentang diet dan metode memasak oleh para pewawancara terlatih. Peserta yang ditanya lebih detil soal makanan gorengan yang dimakan apakah digoreng kering, ditumis, dilapisi adonan tepung atau dilapisi tepung roti.

Para penulis hasil penelitian menyimpulkan, ‘Di negara Mediterania, minyak zaitun dan bunga matahari adalah lemak yang paling umum digunakan untuk menggoreng dan setelah diamati sejumlah besar makanan yang digoreng tidak beresiko terhadap penyakit jantung koroner atau kematian.’

Professor Michael Leitzmann dari University of Regensburg di Jerman menambahkan bahwa riset mematahkan mitos bahwa ‘makanan gorengan tidak baik buat jantung’. Terlalu sering makan gorengan bukan tidak beresiko tetapi yang lebih penting adalah mencermati jenis minyak yang dipakai.

(Odi/Odi)
(http://www.detikfood.com/read/2012/01/29/180602/1828663/900/menggoreng-dengan-minyak-zaitun-lebih-sehat-untuk-jantung?dthlutama)

About these ads

2 Responses to “Menggoreng dengan Minyak Zaitun Lebih Sehat Untuk Jantung”

  1. Pertapa said

    Saya secara pribadi berusaha untuk Melawan Kegemukan Dengan Minyak Zaitun dan percayalah bahwa mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari akan sangat membuat anda tidak mudah lapar dan diet anda akan berhasil. Anda tidak perlu lagi menyiksa diri dengan menahan lapar dalam waktu lama. Tapi yang menjadi masalah dengan minyak zaitun adalah beberapa orang kesulitan menelannya dan harganya masih relatif mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 73 other followers

%d bloggers like this: