Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Purwoceng, viagra from java

Posted by ronysetyo on January 2, 2008

Purwoceng, viagra from java

Purwoceng merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang dikenal berkhasiat sebagai obat perkasa kaum lelaki. Karena itu, Purwoceng juga mendapat sebutan ‘Viagra Jawa’. Kenapa bisa demikian?

Purwoceng sebenarnya tergolong tanaman langka, namun kini dapat diselamatkan dengan budi daya menggunakan metode kultur in vitro. Masalah budi daya Purwoceng ini pernah dipaparkan Ireng Darwati, mahasiswa S3 program studi Agronomi Institut Pertanian Bogor (IPB) saat mempertahankan disertasinya berjudul “Kultur Kalus dan Kultur Akar Rambut Purwoceng untuk Menghasilkan Metabolit Sekunder dan Harapan untuk Pengembangan Tanaman Purwoceng di Masa Mendatang,” di Kampus IPB Darmaga, Bogor (Suara Pembaharuan, 23/02/2007).

Nama Latin purwoceng semula adalah Pimpinella pruacan, tapi kemudian direvisi menjadi Pimpinella alpina. Tumbuhan ini ditemukan di Pegunungan Alpen di Swiss, pada ketinggian 2.000-3.000 meter di atas permukaan laut. Mengenai tempat tumbuh Purwoceng di Indonesia semula dikenal tumbuh liar di kawasan Dieng pada ketinggian 2.000-3.000 m dpl. Namun menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (1987), sebaran tanaman purwoceng di Indonesia kini meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Wahyuni et al. (1997) menyatakan bahwa purwoceng dapat tumbuh di luar habitatnya seperti di Gunung Putri Jawa Barat dan mampu menghasilkan benih untuk bahan konservasi. Potensi tanaman purwoceng cukup besar, tetapi masih terkendala oleh langkanya penyediaan benih dan keterbatasan lahan yang sesuai untuk tanaman tersebut (Yuhono 2004). Selain di Dieng, Purwoceng juga tumbuh di pegunungan Iyang, Jawa Timur (dikenal sebagai suripandak abang). Di Gunung Tengger dinamai gebangan depok. Kendati sebutan nama latinnya berubah-ubah, para peneliti memiliki satu kesimpulan yang sama bahwa Purwoceng termasuk tanaman obat.

Apa Saja Manfaat Purwoceng?
Eni Hayani dan May Sukmasari pernah memaparkan, seluruh bagian tanaman purwoceng dapat digunakan sebagai obat tradisional, terutama akar. Akarnya mempunyai sifat diuretika dan digunakan sebagai aprosidiak (Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan 1987), yaitu khasiat suatu obat yang dapat meningkatkan atau menambah stamina. Pada umumnya tumbuhan atau tanaman yang berkhasiat sebagai aprosidiak mengandung senyawa-senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa-senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah. Di Indonesia tumbuhan atau tanaman obat yang digunakan sebagai aprosidiak lebih banyak hanya berdasarkan kepercayaan dan pengalaman (Hernani dan Yuliani 1991).

Penggunaan tanaman obat dibidang pengobatan pada prinsipnya tetap didasarkan pada prinsip-prinsip terapi seperti pada penggunaan obat moderen. Oleh karenanya informasi kandungan senyawa aktif tanaman obat mutlak diperlukan. Umumnya tanaman obat jarang memiliki bahan senyawa tunggal, sehingga sulit untuk memastikan kandungan aktif mana yang berkasiat untuk pengobatan penyakit tertentu. Misalnya khasiat akar tanaman purwoceng (Pimpinella alpina) yang diketahui dari pengalaman-pengalaman orang kemudian berkembang menjadi image berkasiat sebagai aprodisiak, ternyata mengandung turunan dari senyawa sterol, saponin dan alkaloida (Caropeboka dan Lubis, 1985).

Sidik, et al. (1985) mengatakan bahwa akar purwoceng mengandung turunan senyawa kumarin yang digunakan dalam industri obat modern, tetapi bukan untuk aprodisiak melainkan untuk anti bakteri, anti fungi dan anti kanker. Hernani dan Yuliani (1990) mengatakan bahwa bahan aktif purwoceng terbanyak terletak pada bagian akarnya.

Tanaman purwoceng mempunyai kandungan bahan yang bersifat aprodisiak menyebabkan keberadaannya semakin dicari orang. Pada mulanya, tanaman purwoceng digunakan oleh penduduk disekitar pegunungan Dieng (daerah asalnya) hanya untuk pemeliharaan kesehatan atau peningkatan derajat kesehatan. Namun sejalan dengan perkembangan penelitian dan isu yang dihembuskan, tanaman ini berkembang menjadi komoditas yang sangat ”laku jual” sebagai bahan aprodisiak, bahkan kini telah dipopulerkan oleh masyarakat dan Kelompok Tani setempat dengan sebutan ”Viagra Jawa”.

Keberadaan tanaman yang semakin langka disebabkan selain karena terdesak oleh pesatnya permintaan, juga karena pengadaannya memerlukan waktu. Atas dasar kelangkaan dan isu aprodisiak tersebut harga yang terjadi sekarang sangat tinggi.

Sumber : http://jamu-erotis.blog.com/1906233/
About these ads

22 Responses to “Purwoceng, viagra from java”

  1. eri said

    ass. mau nanya donk, sajauh mana sih perkembangan pemanfaatan purwoceng saat ini. mohon dibales ke email saya. wass

  2. Soe... said

    Knapa ya org indonesia kok gak banyak yg tau klo ditanah kita banyak sekali tumbuhan yg berkasiat tinggi dan aman tuk dikonsumsi.. tapi kok malah pke obat2an yang banyak mengandung kimia… gimana klo instansi yg berwenang dan dimotori IPB tuk lebih gencar mensosialisasikan dan memberi bibit ato menjual tuk ditanam rame2… rakyat sehat dan tambah penghasilan dan mengurangi penganggura… BISA KASIH INFO GAK YA DIMANA DAN BAGAIMANA SAYA BISA DAPET MENIH PURWOCENG?… THANKS INFONYA… @MAZ_SOE….

  3. setyo purnommo said

    Di mana saya dapat menemukan tanaman purwoceng Om?

  4. harun said

    Sayang ya org indonesia kok tidak banyak tau kalau ditanah kita banyak sekali tumbuhan yg berkasiat tinggi dan aman tuk dikonsumsi.. tapi malah pakai obat2an yang dari luar negeri. gimana klo instansi yg berwenang dan dimotori IPB tuk lebih gencar mensosialisasikan dan memberi bibit tuk ditanam … rakyat sehat dan tambah penghasilan dan mengurangi pengangguran… BISA KASIH INFONYA GAK YA DI MANA DAN BAGAIMANA SAYA BISA DAPET BENIH PURWOCENG?… TERIMA KASIH ATAS INFONYA…

  5. ofy yusuf said

    Hebat Purwoceng. Ayo kita majukan jamu Purwoceng. bagaimana cara membuat jamu purwoceng yang ampuh kayak viagra ? ajarkan donk, pak. tq

  6. ofyss said

    Dimanakah saya dapat membeli bibit purwoceng ?

    # Afwan, ana malah tidak tahu bibitnya, yang ana jual sudah berwujud extract yang dikemas dalam kapsul, dan sudah terdaftar perijinannay di Depkes.
    Barakallahu fiikum

  7. ujang said

    setahu saya purwoceng hanya ada di Indonesia, sekarang ini purwoceng sudah dapat di tumbuhkan di kebun percobaan Balitro Gunung Putri (1500 m dpl)

  8. punyaixan said

    silahkan cek di website http://www.tokoherbal.com, http://www.lizaherbal.com. semuanya adalah produk herbal ..

    jika ada yang tertarik menawarkan akar/daun purwoceng, bibit atau ekstrak nya .. silahkan kontak saya di YM! punyaixan@yahoo.com ..

  9. wisan99eni said

    yoa……

  10. Muaro.com said

    Untuk membeli kapsul purwoceng, silahkan kunjungi http://www.muaro.com/store/?id_product=27&id_lang=3

    Terima kasih.

  11. di semarang belinya dimana apakakah apotik/toko ada yg jual trm kasih.

  12. herry batuzae said

    betul purwoceng khasiat nyata aman nyaman

  13. Maman said

    kalau di Bandung Tengah saya beli di apotek mana yah, terima kasih, tolong di balas ke email saya

  14. Didik Pudji Restanto said

    emang porwoceng dikembangkan oleh deptan bahkan deptan sangat menginginkan bagaimana tanaman itu bisa ditanam di dataran rendah….wah itu tawaran yang mengiurkan kalo berhasil kita yang di dataran rendah bisa mengkonsumsi dengan murah shg stamina akan selalu ok

  15. prasta said

    Wahhhh dimana iki aku aret tuk iki
    aku wheeesh tueee iki mau obat iki tuke nghendi yoooo
    aku seng lampung

  16. omyosa said

    REXIMAX

    Reximax adalah ramuan herbal yang diracik khusus dari bahan herbal alami pilihan dan berkualitas tinggi dengan komposisi yang seimbang sehingga tidak ada efek samping, berfungsi untuk meninggkatkan vitalitas yang prima, meningkatkan kesuburan hormon, regenerasi sel, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Juga bermanfaat untuk therapy detoxifikasi, diabetes, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan impotensi, lemah syahwat, frigiditas, memperlambat penuaan dan menopause dini serta sebagai theraphy alternative untuk berbagai keluhan penyakit.

    Delapan ramuan alami lengkap yang terkandung dalam Reximax, terdiri dari :
    – TRIBULUS TERRESTRIS
    – MACA ( Lepidium Perulianum Chacon )
    – PURWOCENG (Pimpinella Alpina)
    – TONGKAT ALI ( Eurycoma Longifola)
    – PANAX GINSENG
    – MADU
    – KOPI
    – NON DAIRY CREAMERS (NDC)

    Cara Penyajian & Pemakaiannya
    Taburkan 1/3 sachet serbuk reximax kedalam minuman kopi/susu/creamer panas yang sudah tersedia dan siap saji, langsung Anda nikmati dengan santai bersama kolega-kolega Anda baik dirumah maupun di Kafe-kafe dikota Anda.

  17. ga ada gambar biji akar sama tanamannya??? pelit ataw ???

  18. ka2 said

    dapatkan kapsul ekstrak purwoceng, 30rb/60kapsul. Hub. 085691178426

  19. kaka said

    HERBAL CULTURE menyediakan ekstrak PURWOCENG. 30RB ISI
    60KAPSUL. HUB. 085691178426

  20. kalo saya bisa menyediakan purwaceng kering anda mau membeli dg harga berapa?…. kirim ke e-mailqu, akun FB.. Gus Labib Tribal’s….thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 73 other followers

%d bloggers like this: