Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Khasiat Pegagan, dari penumpas TBC sampai peningkat daya ingat

Posted by ronysetyo on November 22, 2007

Batal Mati Bosan Berkat Pegagan
Oleh Kompas Cyber Media
Sumber : http://www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=305#
Penulis : Dra. Lucie Widowati, M.Si.Apt; peneliti pada Puslitbang Farmasi dan Obat Tradisional, Jakarta.

Seorang teman bercerita, betapa frustrasinya ia menumpas tuberkulosis (TB) paru-paru. Digempur pakai obat-obatan medis, si penyakit tetap saja eksis. Ia juga panik, karena katanya, bakteri TB bisa kebal terhadap gempuran obat yang diracik apotik. Untunglah, saat nyaris frustrasi, ia “menemukan” pegagan dan kawan-kawan.

Menjalani “takdir” sebagai penderita TB paru-paru memang tak gampang. Jika tidak ulet, alih-alih sembuh, pasien bisa mati bosan. Maklum, proses penyembuhan TB, selain cukup sulit, juga makan waktu lama, berkisar 3 – 6 bulan. Itu pun dengan catatan, pasien berdisiplin minum obat dan rajin memeriksakan diri ke dokter.

Lamanya pengobatan itulah – apalagi jika disertai kendala biaya – yang kerap menyebabkan pasien frustrasi. Ya frustrasi minum obat, ya bosan menanggung derita. Padahal, disiplin minum obat menjadi faktor penentu dalam proses penyembuhan. Pengobatan yang tidak tuntas dapat menyebabkan bakteri TB resisten terhadap beragam obat konvensional, termasuk obat kombinasi.

Dengan kata lain, pasien TB sebenarnya dilarang keras menoleransi kata bosan, apalagi sampai putus asa. Itu sebabnya, buat teman tadi, perjumpaan dengan pegagan dan kawan sejawatnya menjadi sangat berarti. Paling tidak, ia merasa tak “sendiri” lagi menghadapi tuberkulosis. Ketika banyak sanak saudara dan handai taulan menjauh lantaran takut tertular, pegagan dan kawan-kawan menjadi teman paling setia.

Yang paling penting, harga mereka murah dan tak membuat kantung cekak jika dikonsumsi dalam kurun waktu lama.

Mematikan dan bikin bosan

Tuberkulosis pertama kali diketahui keberadaannya tahun 1882 oleh ahli bakteri Jerman, Robert Koch. TB tergolong penyakit menahun nan mematikan.

Menurut Survei Kesehatan Rumah Tangga (KRT, 1995), sebagai penyebab kematian secara umum, TB menduduki peringkat ketiga setelah penyakit kardiovaskuler dan infeksi saluran napas. Namun, khusus di kelas penyakit infeksi, ia ada di posisi nomor satu.

TB umumnya dipicu oleh perumahan yang kurang sehat, terutama di tempat yang memiliki tingkat hunian sangat padat. Bisa juga lantaran makanan yang disantap kurang bergizi, serta kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. TB ditandai oleh hadirnya bakteri tahan asam bernama mikobakteria tuberkulosis yang memiliki sifat rada beda dari kuman lain pada paru-paru.

Sifat-sifat berbeda itu di antaranya cepat mati bila terkena sinar Matahari, cepat mati jika berada dalam air mendidih, dan akan mati setelah 24 jam terkena cairan karbol 5%. Namun sebaliknya, basil tuberkulosis dapat hidup berminggu-minggu dalam ludah, di tempat yang sejuk, dan berbulan-bulan di tempat yang gelap. Ia juga dapat dengan mudah menular lewat hidung atau mulut.

Penderita TB paru-paru, seperti yang terjadi pada teman tadi, merasa badannya lemah dan nafsu makan berkurang. Timbul batuk yang kadang disertai darah (awalnya cuma sedikit), muka pucat dan berat badan terus berkurang, serta suhu badan naik terutama pada petang dan malam hari. Selain itu, pada malam hari penderita sering mengeluarkan keringat, kadang suaranya berubah menjadi parau atau serak.

Dengan suara parau, teman tadi terus bercerita, termasuk pertemuannya dengan seorang kawan lain yang membawa pencerahan. Kata teman sang teman, mengandalkan obat-obat medis memang tidak salah, tapi melengkapinya dengan meminum air rebusan tumbuhan berkhasiat layak dicoba. “Kalau Tuhan mengizinkan, bisa sembuh lebih cepat,” jelasnya.

Sejak itu, asa teman tadi tumbuh kembali. Ia mencoba mencari tahu, beragam tanaman obat yang telah diteliti oleh berbagai institusi penelitian maupun perguruan tinggi di Indonesia. Ia mendapati, ternyata cukup banyak tanaman obat yang secara empiris telah dikenal masyarakat. Beberapa tumbuhan yang sempat tercatat, antara lain pegagan, singawalang, bunga tembelekan, dan bumbu tali.

Menghambat & menghancurkan

Pegagan atau nama kerennya Centella asiatica itu tumbuhan liar yang ada di dataran rendah, sampai sekitar 2.500 m di atas permukaan air laut.

Secara empiris, biasa digunakan sebagai tonik, antiinfeksi, antirematik, penenang, mempercepat penyembuhan luka, dan diuretik. Berbagai penelitian telah dilakukan guna mendukung manfaat empirisnya.

Misalnya, penelitian yang merujuk pegagan sebagai antiinflamasi, antioksidan, antitumor, atau untuk meningkatkan daya ingat (susunan saraf pusat), eksem (luka terbuka), dan hepatitis. Hal itu berkaitan dengan kandungan senyawa yang dimiliki pegagan, yaitu asiaticiside, thankuniside, medecassoside, brahmoside, brahminoside, madastic acid, vitamin B1, B2, dan B6.

Penduduk asli India dan Malaysia konon suka menanam dan menyimpan pegagan dalam bentuk ready stock, agar siap digunakan sewaktu-waktu. Oleh warga dua bangsa itu pegagan lazim disimpan dalam bentuk kering untuk mengobati beragam penyakit. Terkadang mereka juga membuat jus daun segar, yang diminum untuk menghilangkan pusing ringan.

Dari berbagai penelitian in vitro terhadap pegagan menemukan kemampuannya menghancurkan berbagai bakteri penyebab infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Escherechia coli, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typhi, dan sejenisnya. Sementara dalam bentuk infus atau ekstrak etanol, tumbuhan ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Laorpuksa A. dan kawan-kawan dalam penelitian pada 1988 membuktikan, estrak air pegagan dapat melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran napas. Sementara Herbert D. dan kawan-kawan dari Tuberculosis Research Center di India mencoba efek pegagan pada bakteri tuberkulosis H37Rv secara in vitro. Hasilnya, pegagan tidak langsung berefek pada bakteri tuberkulosis. Namun, Herbert menyarankan penelitian lebih lanjut terhadap senyawa aktif asiaticoside.

Feeling Herbert terbukti benar. Berdasarkan penelitian lanjutan, senyawa aktif pegagan itu ternyata dapat melawan Mycobakterium tuberculosis dan Bacillus leprae (Oliver-Bever, 1986). Penelitian berikutnya yang dilakukan Walter H. Lewis juga menyatakan, pegagan termasuk kelompok tanaman yang menghasilkan zat seperti antibiotika dan asiaticoside.

Keampuhan pegagan juga telah diuji coba oleh Boeteau P. dan kawan-kawan, yang menginokulasi binatang percobaan marmut dengan bakteri basilus tuberkulosis selama 15 hari. Injeksi 0,5 ml 4% asiaticoside yang diberikan pada marmut, terbukti dapat mengurangi jumlah lesi tuberkular di paru-paru, hati, dan limpa. Senyawa asiaticoside membuat pegagan tak hanya dapat menghambat pertumbuhan bakteri tuberkulosis, tapi juga berpotensi sebagai imunomodulator – peningkat daya tahan tubuh.

Secara empiris, pemanfaatan pegagan untuk membasmi tuberkulosis paru-paru dapat dilakukan dengan berpedoman pada resep berikut. Cuci 30 – 60 g pegagan segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, dan diminum 3 kali sehari. Untuk TB kulit, lumatkan pegagan, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. Kajian etnobotani di Bogor.

Masih ada sejawat pegagan yang bermanfaat serupa. Singawalang (Pertiveria alliacea), menurut R. Indra Pandu Gunawan, yang melakukan kajian etnobotani di salah satu kampung di Bogor, Jawa Barat, juga dapat digunakan untuk mengobati tuberkulosis. Kesimpulan itu diambilnya setelah masyarakat di kampung yang diteliti itu sukses menggunakan singawalang untuk mengobati batuk darah akibat TB.

Weniger B. pada 1988 pun menyatakan, masyarakat Haiti, Republik Dominika, telah sejak lama memanfaatkan tanaman ini untuk mengobati radang paru-paru. Singawalang sendiri merupakan tanaman berbentuk semak, tingginya bisa mencapai 1 m. Secara empiris, singawalang sering digunakan untuk peluruh kencing, peluruh dahak, peluruh keringat, dan pereda kekejangan.

Penelitian in vitro memang menunjukkan, singawalang mampu melawan bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Namun, penelitian langsung pada bakteri tuberkulosis belum dilakukan. Dosis pemanfaatan singawalang: 5 lembar daun yang telah dicuci bersih ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan diseduh dengan air panas, dibubuhi garam dan gula merah secukupnya. Aduk sampai larut, saring dan minum setelah dingin. Frekuensi meminumnya dua kali sehari.

Masih ada lagi yang namanya bunga tembelekan (Lantana camara). Tumbuhan ini dapat hidup secara liar atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Perdu setinggi 0,5 – 4 m dan berbau ini secara empiris berkhasiat meredakan demam, penawar racun, penghilang nyeri, dan penghenti perdarahan. Ia tumbuh di dataran rendah sampai 1.700 m di atas permukaan laut.

Untuk melawan tuberkulosis paru-paru dengan batuk darah, digunakan bunga tembelekan kering sebanyak 6 – 10 g, direbus dalam 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa separuh. Setelah dingin, air rebusan itu disaring, dibagi untuk 3 kali minum (pagi hari, siang, dan sore) masing-masing setengah gelas.

Jangan lupakan juga tanaman bambu tali (Asparagus cochinchinensis). Tumbuhan asal Cina, Jepang, dan Korea itu tingginya dapat mencapai 1,5 m. Daunnya berwarna hijau, berbentuk helai panjang, runcing, dan halus. Bagian yang digunakan untuk obat adalah umbinya. Untuk mengatasi penyakit tuberkulosis yang disertai batuk darah, digunakan 6 – 12 g umbi kering bambu tali, direbus dalam 1,5 gelas air. Air rebusannya diminum dalam keadaan hangat dua kali sehari, sampai penyakit sembuh.

Obat “hati”

Kalau mau digali lagi, sebenarnya masih banyak tumbuhan – berdasarkan pengalaman empiris nenek moyang – dipercaya dapat digunakan untuk memerangi TB.

Salah satunya daun legundi (Vitex negundo L). Untuk menggunakannya, 3/5 genggam daunnya dicuci, lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas makan, sampai air rebusannya tinggal 3/4 gelas saja. Sesudah dingin, disaring lalu diminum dengan madu seperlunya. Frekuensi minumnya 3 kali sehari.

Ada lagi serbuk biji pronojiwo (Euhrseta horfieldii Benn). Untuk pengobatan diperlukan 3/4 sendok teh serbuk biji pronojiwo, diseduh dengan air panas sebayak 1/2 cangkir dan madu 1 sendok makan. Dalam keadaan suam-suam kuku, ramuan diminum 3 kali sehari. Atau bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis L). Ramuannya, 3 kuntum bunga kembang sepatu dicuci bersih, lalu digiling halus, diberi air masak 1/2 cangkir dan madu 1 sendok makan, kemudian diperas dan disaring. Ramuan diminum tiga kali sehari.

Bisa juga dicoba bidara upas (Merremia mammosa). Ambilah 1/3 jari bidara, dicuci bersih lalu diparut, diberi air masak 1 sendok makan dan madu 2 sendok teh, diperas dan disaring. Obat alami ini diminum tiga kali sehari.

Terakhir, daun gandapura (Gaultheria fragrantissima). Diperlukan 1 sendok makan serbuk kering daun gandapura. Bahan itu diseduh dengan air panas 3/4 cangkir dan madu 1 sendok makan. Seduhan diminum dalam keadaan suam-suam kuku. Frekuensinya 3 kali sehari.

Melihat begitu banyaknya alternatif, teman saya jelas makin girang. Kini ia tidak hanya lebih optimistis menyikapi hidup, tapi juga lebih telaten merawat tanaman-tanamannya, terutama tanaman pegagan dan kawan-kawan. Buat sang teman, mereka bukan hanya andalan baru untuk mengusir TB paru-paru, tapi juga mengisi sepi dan mengusir frustrasi.

Catatan :

Satu Tanaman Lain Sebutan Pegagan dikenal juga sebagai daun kaki kuda (Jakarta), antanan gede (Sunda), kori-kori (Halmahera), kolotidi menora (Ternate), gagan-gagan, gangagan, kerok batok, pantegowang, panigowang, rendeng (Jawa).

Nama lain bunga tembelekan adalah bunga pagar atau kayu Singapura. Di Sunda kerap disebut kembang satek, saliyara, tai ayam atau tai kotok. Sedangkan di Jawa kadang disebut oblo, puyengan, pecengan, atau waung.

Bambu tali atau bambu apus suka juga disebut awi tali (Sunda), deling apus, deling tangsul, jajang pring (Jawa) atau tiing tali, tiing tlantan (Bali). Tumbuhan lainnya, legundi, punya nama alias gendarasi (Palembang) atau langgundi (Minangkabau). Sedangkan bidara upas kerap disebut blanar (Jawa) atau hailale (Ambon).

Katalog Produk Thibbun Nabawi & Harga

About these ads

84 Responses to “Khasiat Pegagan, dari penumpas TBC sampai peningkat daya ingat”

  1. sulis said

    Yth. friends
    saya ingin mendapatkan informasi dimana sajakah penelitian tentang tanaman obat dan tb paru pernah dilakukan, dimana saya bisa mendapatkan informasi hasil peneelitian tersebut ? selain yang sudah disebutkan diatas, apakah sudah banyak peneleitian tentang tanaman obat yang digunakan untuk mengobati tb paru? karena saya tertarik untuk meneliti tanaman obat yang bermanfaat untuk mengobati tb paru. terima kasih atas kerjasamanya.

    salam
    sulis

  2. Yahya Kurniawan said

    Yth,

    Saya di diagnosa dokter mengalami tb paru pasif, dimana tidak ada gejala kritis penderita tbc, akan tetapi saya sering mengalami batuk darah dan riak yang banyak, untuk pengobatan dengan menggunakan obat pernah saya coba namun liver dan limpa saya tidak kuat menerima efek dari obat tsb. saya ingin sembuh dari penyakit ini, saya mengharapkan agar saya diberi informasi di mana saya dapat membeli tanaman obat tbc (pegagan, singawalang) yang diutarakan pada situs tibbunnabawi ini.
    terima kasih atas perhatiannya.

  3. harinuan said

    Amankan untuk anak umur 1-3 tahun? tx

    # Insya Allah tidak mengapa…asal jangan berlebihan..

  4. budi said

    saya juga didiagnosa dokter kena TB Paru, amankah bila diminum sebagai pendamping obat medis? ada yg tahu dgn tanaman sambiloto? apa bisa utk TB Paru? tks.

  5. Alpian said

    Di jakarta dmn sy bisa mendpatkan daun pegagan tsb. Adakah toko obat yg menjualnya?

  6. Alpian said

    Please sy mau tau..dmn sy bs mndptkan daun tsb

    # Silahkan kirim email ke ronysetyo@gmail.com atau sms ke 0811 960 940

  7. vina said

    apakah ada tingkatan dalam tb? apa yng harus dilakukan oleh penderita tb terkait dgn kegiatan di sekitarnya, apakah harus menjauhi orang2? dimana bs mendapatkan daun pegagan di bandung?

    • ronysetyo said

      Yang pertama dipastikan benar2 TB bukan? karena banyak yang sangkaan dan bilangnya cuma flek paru..
      Pegagan bisa didapatkan di toko2 obat tradisional..kalo mau dikrm langsung dari sini bisa juga..
      Ongkos krm 10,000 per kg, jadi beli 1 botol atau 10 botol ongkos krm tetap 10,000
      Bahkan kalo utk dijual lagi…krm via cargo sampai dengan 5 kg cuma 15,000
      Dan gratis ongkos krm utk minimal pembelian 1.5 juta
      Barakallahu fiikum

    • Abdurahman said

      untuk vina saya ada informasi kalo dibandung ada tuh yang menjual pegagan, boleh menghubungi aku di no 081330932069 terimakasih

  8. rahman said

    bagaimana saya mendapatkan pegagan?

  9. mustakim said

    makasih sebelumnya saya sangat terbantu atas adanya prihal obat tradisional khusus tbc.semoga dafat bermanfaat bagi saya dan sipenderita.

  10. LELLYS KURNIATI said

    terima kasih atas informasi mengenai pegagan. saya ingin mengetahui manfaat pegagan untuk kulit terutama yang terkait dengan masalah kosmetika. tq

  11. aisah said

    teman saya menderita tbc

    saya ingin membantu dia

    dimana ya saya bisa mndapatkan peganan dan singalawang!!!!

    sebelumna thanks yaaaa???

    # Silahkan sms ke 0811 960 940
    Barakallahu fiikum

  12. fifi said

    saya ingin skali mendapatkan daun pegagan yang sudah berbentuk kapsul buat penyakit sodara saya kebetulan sodara saya dah bertaun-taun berobat ke dktr tp lom sembuh jg… mohon infonya ya.. (sms: 08985518455). makacih..

  13. Hanto said

    Anak saya saat dalam perawatan dokter karena divonis kena flek paru. Untuk pengobatannya, anak saya diberi obat dan harus diminum 2x sehari, pagi dan sore. Bagi saya sebagai ortunya, sangat menyiksa karena umur anak saya masih 4 tahun. Alhamdulillah, saya dikasih tahu sama teman bahwa ada pengobatan alternatif secara alami yaitu dengan daun pegagan. Dan sudah satu bulan berjalan berat badannya naik 0.5 kg dan nafsu makannya meningkat. Sebagai informasi saja, daun pegagan dapat kami peroleh dari daerah persawahan,tepatnya di pinggir2 sawah atau pematang sawah. Dan tumbuhnya sangat banyak,karena daunnya menjalar.
    Saat ini, anak saya masih dalam perawatan dan menurut informasi yg saya dapat, bahwa penyembuhannya jauh lebih cepat (kira-kira 2 sampai 3 bulan).
    Ini sekedar sharing inormasi, semoga dapat berguna. Amien

    # Smg bermanfaat sharingnya bagi yang lain..
    Barakallahu fiikum

    • ella said

      Pak Hanto said…
      ada yang ingin saya tanyakan kalau anak kita masih dlm perawatan dokter dan masih minum obat dokter untuk minum air pegagannya jaraknya berapa jam setelah minum obat dokter dan di berikan berapa kali sehari?
      jawaban bapak sangat berarti untuk saya.
      terima kasih

      • ronysetyo said

        Insya Allah pengobatan herbal bisa bersamaan dengan obat dokter, jarak sekitar 1 insya Allah tidak apa2..barokallahu fikum

      • ella said

        Dear…
        ada yang ingin sya tanyakan lebih lanjut, apakah benar pengolahan daun pegan sebanyak 200gr di blender dengan 1 gelas air matang dan di saring kemudian tunggu 5 menit baru airnya di minum, apakah tidak perlu di rebus lagi ?
        jawaban bapak sangat berarti untuk saya.
        terima kasih

      • antowidy25@yahoo.com said

        Kalau sedang mengkonsumsi obat dokter,2jam setelahnya,dan lebih baik di masak dengan tiga gelas air,sampai menjadi 1gelas,karna kalau di konsumsi mentah,saya yakin kurang steril,terimakasih
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  14. yulia rahmadhani said

    sy ingin pesan daun pegagan dan kawan2 untuk penderita tb pasif dewasa dan anak khususnya balita,dan saya minta dosisnya yg tepat baik untuk yg anak maupun yg dewasa,tolong yah terima kasih sebelumnya untuk konfirmasi dan infonya ditunggu di no saya 088218124987 atau email ke yulia_rahmadhani1981@yahoo.com,hatur nuhun sateuacanna

  15. kukuh w said

    anak saya baru didiagnosa lewat test mantoux hasilnya positive. Dimana saya dapat membeli pagagan ini ya? mohon bantuannya. tolong kirim email ke ku2hwnd@gmail.com

    • ronysetyo said

      banyak dijumpai di toko2 Muslim terdekat
      atau bisa datang ke toko kami di Bintara Loka Indah Blok PP4 No.3 Bekasi..
      Barakallahu fiikum

      • ummu hafizh said

        kami hafizh agency menjual daun pegagan segar ataupun kering dapt menghubungi kami di 085289602502

  16. wiwin said

    dimana saya bisa mendapatkan obat pegagan di surabya?..mhon balasanya secepatnya dan terima kasih…

  17. windi said

    assalamu’alaikum
    subahanallah… terima kasih untuk yang buat blog ini, saya udah baca dan memang sedang mencari tanaman obat untuk penyakit saya. terima kasih, semoga bisa bermanfaat untuk semua. amin…
    salam kenal dari windi…

  18. cubz said

    terima kasih banyak.. saya jadi ingin pulang kampung, karena tanman-tanaman itu sering saya dengar waktu kecil..

  19. renta said

    Setelah saya melihat gambarnya saya seperti kenal dengan daun ini.Apakah daun ini sama dengan nama Bangun-bangun (bahasa batak untuk daun ini).Untuk memastikan saja, supaya saya tau benarkah yang saya kenal itu pegagan atau tidak.TErimakasih untuk infonya.

  20. kevin said

    adakah testimoni dari pelanggan yang telah merasakan khasiat pegagan. ayah saya difonis TB, tapi masih ragu efektivitas pegagan. tks

  21. ikram faras sultani said

    apakh bisa jg untk mngatasi atau mngobati paru-paru yg htam?,krn stlh ibu saya drontgen hsilnya mnunjukn paru-paru ibu saya menghitam.mhon bntu obt hrbal yg cock utk menemani pegagan agr hsilnya lbh maksimal.trima ksih ats bntuanya,smga Allah bls kbaikn anda dgn brjta x kberkahan.amin

    • ronysetyo said

      utk paru2 ada herbal AntiTB yang komposisinya gamat, sirih merah dan herbal lainnya…
      Bisa dikombinasi juga dengan pegagan..
      Semoga bermanfaat
      Barakallahu fiikum

  22. nanik said

    kalau pegagan dipakaiteh takarannya berapa? trus sama nggak kayak teh biasa dikasi gula ? apa kasiatnya menurun kalau dipakai sayur?

  23. fikrie said

    tolong kasih info dimana saya dapat pegagan, saya tinggal di depok terimakasih …..

  24. alma said

    alhmdl n trima ksh atas inf. anaku hmpr 10bln melakukn prawtn d rmh skt negri ktka umur 9bln (bru ktahuan saat itu). doktr mnyuruh mhentikan dkawatirkn kna liver, bkn e sya tdk suka tp msh ada kekawatiran bakteri tb msh ada mengingt hsl ronsen n bbrp tanda lainnya. utk lbh yakinnya n tnp resiko akn sy coba resep ini. utk anak usia hmpr 20bln brp grm daun pegagan ya? ato dosis dr kapsul pegagan? doain anak kmi y.. matur nuwun..

  25. anton said

    permisi ak mu numpang tanya daun ini sdah terbukti dan berkhasiat ampuh tidak??

    dan dmna saya bsa mndapatkan tanaman tersebut ?
    saya sangat membutuhkan daun tersebut untuk sodara saya……..

    terima kasih

  26. kuatdrat said

    Sekarang saya sedang mengkonsumsi, baru tadi siang beli di toko obat tradisional, agar praktis saya membeli yang sudah kering sehingga dapat diseduh.. sebenarnya sih cuma batuk, tapi dah sebulan masiha ada batuknya semoga batuk sy bisa cepat sembuh, walaupun jarang2 tetapi sangat menggangu…

  27. MIRA said

    assalamu alaikum.sy mau tau tmpt mendptka pegagan d makassar d mana ya?tolong beritahukan krn anak sy potif TB dan sy tdk tau mau cr pegagan d mn.terima kasih.wassalam

    • ronysetyo said

      Jika diagnosa TB, langkah pertama mastikan dulu dengan test mantoux, karena saat ini sangat banyak kasus overdiagnosis TB atau Flek aru pada anak..
      Kalo hasilnya positif baru dilanjutkan terapinya..
      Pegagan bisa didaoat di toko2 herbal atau silahkan sms ke 081319000333
      Insya ALlah bisa kita bantu utk mengirimkan langsung dari sini..
      Barakallahu fiikum

  28. inay said

    saya positif TBC dan pernah minum obat medis tp malah tukak lambung…hampir coid.ini minum obat sinshei tp tnyta belum sembuh sepenuh nya,bgmana dg pegagannya??apakah direbus atau dicampur apa dulu sebelum direbus.trims

  29. inay said

    itu diminum berapa kali sehari??
    dan daunnya di apakan? tolong balas ke no saya 0271 3080071(sms saja)thx

  30. nitha_blue92@yahoo.co.id said

    mw tax nih mhon d balas yah!!!

  31. nitha said said

    penggunaan daun obat TBC ini seperti pegagan ini d konsumsi sampai berapa lama ya?

  32. heryana tan said

    Gmana ya cara pengobatan pakai daun pegagan untuk pengobatan tbc,mohon di beri tahukan caranya,terima kasih

  33. kie said

    aku terkena TBC kulit, tapi aku sudah melalukan pengobatan selama 6 bulan, tapi sepertinya aku belum sembuh juga. Oia seberapa lama ya minum ganggang ???

  34. chalista said

    daun pegagan yang orang sunda bilang antanan ada yg kecil dan ada juga yg lebar yang di perlukan untuk tb yang lebar ( antan gede ) banyak di jumpai di sawah 2x aliran sungai kecil…dan alhamdullilah sy lagi mencobanya karna sy di fonis tb…yang ingin sy tanyakan dosis untuk anak di bawah 3 tahun berapa kali sehari

  35. chalista said

    apakah cuman daun pegagan aja ??? atau ada campuran daun lain ?

  36. rika said

    mt tlg ditampilkan gambar pegagan itu seperti apa supaya bisa liat.mungkin2 saja ada di sekitar ruamh kita..syukron..

  37. Ningsih said

    ibu saya menderita TBC tapi badanny gemuk, ibu saya juga punya riwayat asma, dari tumbuhan yang disebut diatas yang paling aman yang mana???

  38. afriliadi said

    mo tanya dimana saya dapat daun pegagan itu ia???
    khusus nya daerah cikarang…
    mksh sblm nya..

  39. siti said

    Ibu saya menderita diabetes melitus udah lama, dan sekarang batuknya keluar darah, sudah di rongten dan banyak flek di paru-parunya, apakah itu termasuk TBC?. minta tolong resep obat herbal untuk penyakit ibu saya yang juga diabet.
    Terima kasih

  40. siti said

    Ibu saya menderita diabetes melitus udah lama, dan sekarang batuknya keluar darah, sudah di rongten dan banyak flek di paru-parunya, apakah itu termasuk TBC? minta tolong resep obat herbal untuk penyakit ibu saya yang juga kena diabet. saya juga khawatir karena rencana tahun ini akan menunaikan ibadah haji.
    Terima kasih atas sarannya

  41. yusep said

    pegagan sangatlah bermanfaat

  42. Jira said

    Assalamu alaikum,,
    tlong dong bgaimanasih bntuknya daun peganan itu, sy dari ke dr. Sy d katakn psitif Tb, sy mau beli tapi tdk tau dmna,karena sy dari sulawesi tenggara.mhon bantuanya ya? Krim d email sy trimhksih. jirahcantik@yahoo.co.id

    • ronysetyo said

      Pembelian bisa di toko2 herbal terdekat, atau bisa dikrmkan langsung dari sini Bu..
      Barakallahu fiikum

  43. saya dedy ada diseputaran sumatera. ibu saya pasien gagal ginjal kronis. melalui posting ini saya berharap bisa b’komunikasi dg pakar herbal. dimana belum ada titik terang ttg penyakit ibu saya. saya berharap jg ada yg mau berbagi ttg pengalaman nya seputaran gagal ginjal. saya slalu menunggu kontak anda. mohon hub saya ; 081331939505 / email saya ; dedybelitung@gmail.coml kronis. melalui posting ini saya berharap bisa b’komunikasi dg pakar herbal. dimana belum ada titik terang ttg penyakit ibu saya. saya berharap jg ada yg mau berbagi ttg pengalaman nya seputaran gagal ginjal. saya slalu menunggu kontak anda. mohon hub saya ; 081331939505 / email saya ; dedybelitung@gmail.com

  44. filipo armando said

    sy 33 th,umur 10 dulu trkna tb @ uda brobat ke dokter tp kambuh batuk smpai darah ini sy alami slm 20 th lebih.,bisakah daun pegagan mengobati tbc sampai tuntas sampai tdk kambuh lg

  45. filipo armando said

    jika seseorang minum daun pegagan tp kambuh lg apakah pegagan bs dpkai untk pengobatan kedua krn kuman tbc kan kebal trhadap obat yg prnh mengobatinya

  46. Denis said

    Ass.
    Saya tau katanya saya ada indikasi TB saat mndptkn saya gagal tes kesehatan u/ msk kerja, sekarang saya lagi mencoba mengkonsumsi daun pegagan (antanan gede)……mohon do’anya, agar penyakit saya sembuh
    hasil 1 gelas itu u/ sekali minum atau dijadikan 3x minum???
    Thx

  47. mariana lumban batu said

    saya dulu penderita TBC dan sekarang muncul lagi gejala2nya apakah selama mengkonsumsi pegagan ini kemungkinan untuk menularkan ke orang lain tidak ada??? karena saya khawatir orang2 di sekitar saya tertular, mohon balasannya ke email saya (ana_zui@yahoo.com) terima kasih sangat

  48. Bagi yang ingin membeli Pegagan dalam bentuk kapsul Halal MUI dan telah terdaftar di POM, dikemas dalam 50 kapsul @500 mg, maka dapat menghubungi saya. Harganya adalah Rp70 ribu saja. .silakan…trm ksh…salam sehat selalu..

  49. Dian said

    anak saya usianya 22bulan baru 15 hari ini mengkonsumsi obat TB..jika ingin ditambah pegagan agar penyembuhannya lebih cepat, bagaimana meraciknya/berapa gram pegagan yang dianjurkan? terimakasih

  50. roisulhasan said

    Assalammu’alaikum.
    saya batuk sdh hampir 3 minggu,, kurang lebih 10 hari pertama dahak saya kuning kental hingga kecokelatan dan kadang sangat cair. lalu setelah berobat biasa diberi obat batuk dan pilek batuk an piilek berkurang, namun setelah obatnya habis saya kembali sering batuk dan pileknya sudah berkurang tapi masih pilek. sekarang sdh hampir 3 minggu batuk saya berdahak putih susu. batuk saya hingga merasa nyeri dada, dan sering ada bunyi ‘mengi’. saya timbang badan saya juga berkurang yang awal 58 kg, sekarang 56 kg.saya belum berbat lagi kedokter. saya sekarang berusaha menikmati sakit saya dari Allah karena sebelum sakit spt ini saya banyak bermaksiat kpd Allah dan pernah dalam hati saya berharap Ya Allah semoga Engkau berikan saya sakit untuk menggugurkan dosa ini.

    lalu apa yang harus saya lakukan sekarang, berobat ke dokter atau cukup dengan obat herbal pegagan?

    saya mau mesan pegagan, bisakaah? tolong hubungi saya di 085268975689.

    terimaksih, ‘afwan merepotkan.

    • ronysetyo said

      Ahsan..setelah beristighfar dan berharap Allah mengampuni dosa antum..
      Antum segera berobat ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut..
      Barakallahu fiikum

  51. ifri melva napitu said

    mudah2an khasiat ini sangat berguna bagi manusia terutama d bdang yg alami.

  52. Umi Kayla said

    Hai semuaaa…. Pegagan….memang khasiatnya bagus… apalagi kalau langsung dari daunnya yg di olah sendiri utk diminum, namun tidak semua org mudah mendapatkan tanaman pegagan, terutama bagi yg sibuk. Saran saya sekarang kan sudah banyak yg berbentuk kapsul, khasiatnya juga sama, jd belilah di toko2 herbal atau via toko herbal online. Lebih Praktis. Umumnya obat2an yg dari herbal lebih aman diminum utk jangka waktu lama. Asal memang isinya benar2 murni dari tumbuhan ( tdk ada campuran bahan kimia ).
    Untuk rekan yg ibundanya pasien gagal ginjal kronis, dari yang saya pelajari soal herbal, kulit buah manggis sangat baik utk penyakit ini. Beli yg sudah di kapsulkan atau yg berbentuk jus. rutin diminum. Penelitian soal ini sudah ada. mau info lebih jelas silahkan email ke umi.kayla@yahoo.com
    salam
    Umi Kayla (herbalis)

  53. ani darmadi said

    Asslm wr wb. Saya mau tanya apakah pegagan bisa diminum oleh orang hamil?

  54. Sandy said

    bisakah pegagan di keringkan untuk tb.?

  55. Jika hanya PEGAGAN,kurang paten, tetapi bila di campur SAMBILOTO dan umbi BIDARA UPAS,mungkin ada perubahan

  56. nn said

    Binahong lebih tepat untuk TBC,bisa liab web nya,
    Yg butuh binahong bisa di,082136164925

  57. salman said

    Jazaakallaah khair atas informasinya. Kebetulan anak saya dua hari kemarin baru tes dan dinyatakan flek paru. Mau bertanya, maksud diminum tiga kali sehari itu apakah:
    (a) yang satu gelas itu diminum tiga kali sehingga setiap minum berarti sepertiga gelas. Atau
    (b) setiap sekali minum satu gelas, misalnya pagi merebus pegagan dengan 3 gelas sampai jadi satu gelas, nah yang satu gelas ini diminum semuanya; kemudian siang harinya merebus lagi pegagan dengan 3 gelas sampai menjadi satu gelas dan yang satu gelas ini diminum semuanya; kemudian sore hari merebus pegagan dengan 3 gelas sampai jadi satu gelas dan yang satu gelas ini diminum semuanya.

    Yang mana ya, yang (a) atau yang (b) ?
    syukron jaziilan. Barakallaah..

    • ronysetyo said

      Oh ya, sebelumnya saya bertanya..karena terkait flek paru banyak yang dokter overdiagdosis..
      Apakah yang dimaksud sudah test itu test apa Pak?
      Apakahs udah test mantoux?

      • salman said

        Belum tes mantoux baru tes di rontgen saja…

      • ronysetyo said

        Test yang paling valid untuk menguji ada bakteri Tubercolisis atau tidak adalah test mantoux.
        Jadi inget perkataan salah seorang dokter spesialis pulmologi anak, ketika saya bertanya tentang hasil rontgen, jawab nya..Anak-anak yang lagi bermain sepakbola dan dia pas lagi batuk, kalo dirontgen ya tentu ada flek nya..:)
        Jadi kurang tepat justifikasi untuk meminumkan obat flek paru pada anak selama 6 bulan (ingat obat ini antibiotik dosis tinggi) hanya berlandaskan hasil rontgen..
        Bisa dicoba test mantoux dulu Pak..
        Barakallahu fiikum

    • antowidy said

      Kalau untuk Flek/paru2 menurut saya lebih bagus memakai daun binahong ataupun umbi binahong,,,bagi yang membutuhkan binahong kering basah dan umbi binahong,silakan hubungi +6287719131385 siap untuk suplai pabrik!!

  58. Artikel yang menarik, khasiat pegagang memang baik untuk penyakit infeksi jenis TBC dan paru. Pernah tanam dan akhirnya mati. DImana ya beli daun pegagan yang sudah siap pakai, ada enggak ? Terimakasih

    • ronysetyo said

      Kalo kami jual yang sudah extractnya di kapsulin, Alhamdulillah izinya sudah POM TR, izin tertinggi untuk diedarkan..
      Ada juga teh celupnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 74 other followers

%d bloggers like this: