Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Khasiat Akar Sirgunggu untuk Gurah (pembersih tenggorokan)

Posted by ronysetyo on August 2, 2007

Menjernihkan Suara Dengan Akar Sirgunggu

Istilah gurah dikenal kalangan pesinden, penyanyi, qori, ataupun qoriah untuk merujuk proses menyaringkan suara dengan akar tumbuhan sirgunggu (Clerodendron serratum). Selain oleh mereka yang memang memerlukan suara bagus, gurah juga dilakukan untuk menyembuhkan penyakit asma, batuk kering, dan batuk berdahak banyak. Benarkah akar tanaman obat itu secara ilmiah berkhasiat seperti yang dipercayai masyarakat ?

Gurah merupakan cara pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun. Dulu praktek pengobatan ini dijalani pesinden atau dalang yang menginginkan suaranya nyaring. Namun, belakangan gurah juga ditujukan untuk mengobati asma dan menghilangkan dahak di tenggorokan. Di Yogyakarta para tabib gurah menggunakan tumbuhan sirgunggu yang ada di sekitar Giriloyo, dekat makam raja-raja Mataram. Mereka percaya, hanya sirgunggu dari sana saja yang berkhasiat. Padahal sebenarnya tanaman obat ini bisa tumbuh di mana saja, bahkan di seluruh Indonesia, sehingga dikenal dengan berbagai nama, antara lain kertase, pinggir tosek (Madura), simar baungkudu (Toba), tinjau handak (Lampung), segunggu (Sunda) dan sagunggu, sirgunggu (Jawa).

Banyak khasiatnya

Tumbuhan sirgunggu berupa perdu yang tingginya 3 m. Daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai memanjang, tebal dan kaku. Tepi daun beringgit. Bunganya berwarna putih-violet tersusun dalam malai. Buah yang berwarna hijau kehitaman berupa buah batu berbentuk bulat telur.

Tumbuhan obat yang satu ini ternyata sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sejak dulu. Akarnya diremas-remas halus dan ditelan untuk mendapatkan suara nan jernih. Seduhan akarnya merupakan obat asma, bronkhitis, atau sebagai peluruh air seni (kencing batu).

Di daerah Imogiri, Yogyakarta, sirgunggu untuk gurah, yaitu kulit akar ditumbuk dan diseduh dengan air, kemudian diteteskan pada hidung guna mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan lendir, seperti asma, batuk, atau untuk memperoleh suara yang jernih. Efeknya berupa pengeluaran lendir dari hidung dan mulut.

Daunnya bermanfaat untuk menyegarkan kondisi wanita yang sedang nifas. Sebagai obat luar, daun ditumbuk dengan adas pulosari untuk encok dan nyeri atau kelelahan pada sendi. Daun mudanya diremas-remas dan ditambah sedikit kapur menjadi obat gosok. Seduhan daun dengan garam serta temulawak dapat diminum untuk perut yang membusung dan sebagai obat cacing. Infus daun tumbuhan ini sudah diteliti secara in vitro mampu menghancurkan batu ginjal. Di lampung buah masak atau yang masih mentah dikunyah bersama sirih untuk obat batuk berat. Penelitian di National Cancer Institut, Washington menyatakan, ekstrak air tumbuhan ini aktif sebagai anti-HIV in vitro.

Kandungan kimia tumbuhan sirgunggu pada bagian-bagian tubuhnya berbeda-besa. Daunnya mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Pada kulit akarnya terdapat glikosida fenol, manitol, dan sitosterol. Sementara kulit batangnya mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat.

Praktek Tabib Gurah

Proses pengobatan gurah dilakukan dengan meneteskan cairan rendaman kulit akar ke hidung. Kulit akar ditumbuk, diseduh dalam air panas, diendapkan semalam lalu diteteskan ke hidung kemudian ditelan. Cairan akar itu setelah diendapkan berwarna cokelat kemerahan.

Akhir-akhir ini para tabib gurah sudah mengemas bahan obat dalam bentuk serbuk atau kapsul. Penggunaannya lebih praktis dari pada gurah tetes. Di samping bahan pokok sirgunggu, juga ditambah ramuan bahan tetumbuhan berkhasiat lainnya. Tentang bahan tambahan ini, masing-masing tabib punya resep rahasia tersendiri.

Bila “obat” sudah dimasukkan ke lubang hidung (red: pada gurah tetes), pasien yang menjalani gurah tetes diminta tengkurap. Ia lantas mengeluarkan lendir dan dahak. Dengan demikian, suaranya diharapkan bisa lebih jernih.

Eksperimen Awal di Laboratorium

Praktek gurah menarik dikaji secara ilmiah. Untuk itu disiapkan akar sirgunggu dari lokasi yang sama. Sebagai langkah penelitian awal, bahan aktifnya diisolasi dan diuji daya antibakterinya. Dalam hal ini digunakan baktreri Streptococus beta haemolyticus, salah satu jenis pencetus penyakit radang tenggorokan.

Dari hasil isolasi diperoleh komponen utama dalam kulit akar berupa senyawa flavonoid dengan 3-OH. Sedangkan pengujian antibakteri memang menunjukkan, senyawa itu mampu menghambat pertumbuhan bakteri S. beta haemolyticus. Namun, daya hambatnya terbilang kecil Hal ini mungkin disebabkan khasiat pengeluaran lendir sembari pesien tengkurap, sehingga bakterinya ikut keluar bersama lendir. Mekanismenya sendiri masih belum ditemukan. Dengan demikian, penggunaan sari akar sirgunggu untuk pengobatan radang tenggorok perlu dikaji lebih lanjut.

(Drs. Wahyono, Apt. SU, Fakultas Farmasi UGM)

Disadur dari Majalah Trubus 339 – TH XXIX – FEBRUARI 1998, hal. 72-73
Katalog Produk & Harga

 

About these ads

50 Responses to “Khasiat Akar Sirgunggu untuk Gurah (pembersih tenggorokan)”

  1. darmawan said

    Assalamu’alaikum……
    Mau tanya tentang Gurah, apakah ada efeksampingnya…..? cara mana yang lebig mudah, aman dan tidak menyakitkan….? apakah gurah hanya sekali saja cukup, atau harus diulang, …..?
    sebelumnya ,terimakasih atas penjelasannya

  2. pientha said

    Ass.wr.wb..

    pak. mau tanya nih. saya mau gurah. tapi bingung tempat yang bagus dimana.
    habis banyak sekali gurah gurah palsu di pinggir jalan.
    terima kasih sebelumnya ya pak.

  3. Abu Abrahamovich said

    Saya mengkonsumsi pil gurah yg dimodifikasi dengan habbatussauda dan bahan lain… alhamdulillah penyakit pernafasan menjadi sembuh… 08122520074

  4. kami mohon informasi tentang berbagai hal yang bersangkutan dengan gurah jumlah tempat gurah yang ada di jogja, lokasinya, penelitian yang pernah dilakukan, jumlah pasien dan jenis keluhan yang biasanya melakukan pengobatan, jenis dan jumlah limbah yang dihasilkan serta penanganan yang dilakukan saya ingin mencoba meneliti limbah yang dihasilkan beresiko mencemari lingkungan tidak serta ingin mencoba membuat alat pengolahan limbahnya? makasih atas informasinya.

  5. nafis said

    saya punya penyakit alergi dingin, debu, hidung mampet dan bersin2. pernah gurah, tp knp khasiatnya sdkt ya? apa perlu diulang kmbl? kl pil gurah sy hrs cari dmn?

  6. Candro said

    Waah ga ada yg jawab, kacian deh lu!

  7. suratman said

    saya juga pakar ahli gurah, yang sudah membuktikan pengobatan gurah keliling nusantara, dari pondok pondok sampai masyarakat umum dan alhamdullillah lewat pengobatan ini banyak yang membuktikannya. kalau anda menginginkan obat gurah dan ingin di gurah langsung oleh pakar yang profesional maka hubungilah saya, di 081586297867. mudah mudahan barokah. dijamin tidak sakit, anda tidak akan mungkin kapok berobat kembali.

    # Barakallahu fiikum

  8. Asslm’alkm. Sebenarnya utk gurah tdk hrs dgn akar sirgunggu yg brasal dari Giriloyo. Sirgunggu dari manapun bisa untuk gurah. Sy jg menerima pesanan akar sirgunggu serta pelatihan gurah. Dan dgn Sirgunggu Pemalang-pun,sama hasilnya. Trims dan Wsslm.

    # Barakallahu fiikum

  9. zulkarnain said

    selamat malem semua,,,mohon infonya dong..tempat gurah didaerah pondok aren bintaro tangerang..dimana ya..penting nie kalo ada yg tau infoin ya ke email saya..terima kasih atas bantuannya..semoga tuhan membalas segala bantuan anda…amien..

  10. alex said

    askum…mas nashori pemalang,jual akar sirgunggu jg?pemalangnya mana?soalnya orang tua saya jg ada yg disekitar kab.pemalang,sapa tau sy bs ksana

  11. Nashori Ws said

    Utk Ikhwan semua yg ingin mendapatkan akar Sirgunggu, bisa hubungi saya di: 081585574004. Atau datang langsung ke TPQ Al Wasiilah Desa Kuta Rt.19/04 (Jukem) Kec. Belik Pemalang. Saya juga melayani pelatihan gurah secara GRATIS. Terima kasih.

  12. andrian said

    saya mau tanya kepada semuanya, apakah didaerah probolinggo jawa timur ada pengobotan gurah? mohon bantuannya? terima kasih.

  13. amin said

    Nantikan produk kapsul gurah berkhasiat aman, halal dan alami insya Allah

  14. deni said

    trim ya kepada seluruh orang yang telah menbantu pengetehuan saya lewat lnter ni,aku sekarang lebih paham dengan apa itu gurah,saya tinggaldi cililin bandung barat,bekerja di klinik dr pupu s r mh.kes
    awal mula saya suka di gurah,alhamdulilah sekarang saya bisa menggurah dari tahun 2000 sampai sekarang silahkan bila anda yang mau digurah datang saja ke cililin,sambil bisa merasakan lenturnya urat yang sering dipake kerja setiap hari.
    htt//deni jaenudin (mang jae)

  15. deni said

    awalmula saya bekerja di klinik dr pupu s r mh.kes saya tinggal di ponpes al-huda jl r radio cililin.saya bekerja dibiang jasa ” herbal pijat gurah ” bila di antara anda yang membutuhkan jasa ingin di pijat seluruh badan dan melancarkan sendi-sendi telah di pake bekerja tiap hari atau yang ingin di gurah hub:087820062550

  16. Imanuel said

    Klx gurah di daerah medan dm ya krn Q udh lm mengidap sakit asma tolang email Q bl4ckkid@yahoo.com

  17. ass…..

    aq jga pernah digurah,tpi pke daun sirgunggu……

    alhamdulillah….aq dah rasain khasiat’y…mantaaap…

    aq sering digurah setiap 6 bulan sekali….

    setelah q rsain gurah tsb ternyata suara saya makin mantaab ky ga ada ganjalan di daerah rongga mulut…(ploong rasanya)

    aq digurah ga pke dokter2an/tabib2an..
    tp q di gurah pke kemampuan q sndiri..tnpa bantuan orang lain..cz mudah bgt prosesnya

  18. eddy said

    saya ingin mencoba gurah saya tinggal di bekasi barat tapi saya tidak tahu dimana tempat gurah baik dan bersih bukan gurah pinggir jalan, sebelumnya terima kasih untuk yang memberi tahu.

  19. fazry said

    td siank saiiah habis di gurah oleh salah satu tabib yg ada di kab purwakarta jawabarat. awalnya sih saiiah sengsara,,,karena,,pertama tenggorokan saiiah perihh,,,,ke dua saiiah harus bulak balik kamar mandi untuk membuang air lendir yg ada pada tubuh saiiah,,ke 3 ,,sedikit pusing dan telinga saiiah sedikit berdengung,,,,,tp alhamdulilah,,,,sekarang suara saiiah terasa lebih ringan dan enakmmmsebelum di gurah ,,,suara saiiah nggak seperti ini,,,,,

  20. sensusri said

    mau nanya alamat gurah di bintaro jaya..dimana ya?
    kalo bau mulut/ nafas bau tidak sedap bisa hilang gak dengan gurah

  21. nocko said

    permisi mau tanya donk kalo kita sehabis di gurah ada pantangan untuk makan seseuatu? sebelumnya makaciiih..

  22. Mei said

    Baru aja saya di gurah, awalnya bener2 menyiksa…
    Ketika sari akarnya dituang rasanya pedes n bener2 perih. Ga lama kemudian cairan banyak keluar lewat mulut, hidung, dan keringat. Kebetulan karena saya sinus jadi lendirnya agak kental n bikin enek.

    Saran untuk yg br pertama kali mau nyoba (sama kaya saya barusan) duduk/ tengkurap senyamannya. Kalo perlu denger musik favorit untuk pengalihan perhatian, karena bener2 ga enak, ga nyaman n enek!

    Sampe sekarang tenggorokan masih sakit, smoga abis ini sembuh. Tapi sekali gurah aja ga bisa menyembuhkan, karena lendirnya masih berproduksi.

    Tapi kira2 brapa lama jarak waktu yang aman untuk lakukan gurah kedua ya?

    Kebetulan tabib gurahnya daerah bintaro, bisa dipanggil ke rumah juga. Recomended karena ramah.
    02132699031

    Thx… Semoga membantu

  23. kelihatane nyarinya susah

    • ronysetyo said

      ah gak juga kok..
      antum sms ke 081319000333 pesan srigunggu..langsung bsia dikrmkan via TIKI :)
      pembayaran via transfer..
      mudah bukan :)
      Barakallahu fiikum

  24. Crystal X said

    Bisa kasih impo untuk terapi asma dengan sirgunggu? makasih…….

  25. gurah said

    Saya sangat setuju dengan cara metode gurah ini ! karna pengalaman saya dari kecil sudah sedikit ngerti bagaimana gurah dan prosesinya. kenyaan dengan cara ini alhamdulillah banyak sodara kita yg banyak membutuhkan gurah. Sy berharap semoga dengan sistem pengobatan gurah bisa memasarakat !!!!!!!!

  26. eti yuliaty said

    agen kapsul singgugu di cirebon dah ada lum/?diman?

  27. obat gurah said

    Bagi yang kesulitan mendapatkan obat gurah, silahkan mengunjungi toko obat herbal online, barang dikirim langsung ke alamat pembeli. Obat gurah sudah dikemas dalam bentuk kapsul, sehingga tidak menimbulkan perih dan nyeri di kepala. Semoga dapat membantu, Tks.

  28. lebih bagus mana gurah dg kapsul gurah ?

  29. Kristal X said

    pernah juga gurah, cuman gak tau apa yang digunakan.. memang ada efeknya sama suara

  30. Abah Hamlawi said

    Aslm wr wb.
    Diucapkan trimaksih atas info yg amat berharga ini, sy amat berminat dgn gurah yg memang sejak dahulu sdh digunakan oleh kalangan santri. Sy sendiri pernah melihatnya diponpes tmpt sy belajar agama, Namun pd waktu itu sy tdk tertarik.

    Trimakasih
    wslm

    • ronysetyo said

      Alhamdulillahirobbil’alamin, semoga Allah selalu memberikan kesehatan pada kita semua..Barokallahu fiik

  31. Fairuz_1st said

    kalo gurah di bandung.
    tepatnya di daerah mana??

    • ronysetyo said

      Afwan utk tempat gurah kami belum ada informasi, untuk herbal srigunggu tersedia dalam bentuk kapsul, bisa dikrim dari bekasi insya Allah..untuk pemesanan bisa langsung ke operasional 081319000333..barokallahu fikum

  32. madun. said

    aku mau tanya apa di jakarta juga ada

  33. madun. said

    aku mau tanya ni apa ada kapsul yg manjur untuk meguatkan suara

  34. iqball said

    purwakarta nya dmana? Saya jga org purwakarta, pngen d gurah tpi ga tw tmpt nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 74 other followers

%d bloggers like this: