Metode Pengobatan Nabi

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Cara Pengobatan dengan MADU

Posted by ronysetyo on July 11, 2007

Madu tidaklah mendapat perhatian dari para peneliti Barat selama beberapa dekade lalu, seperti perhatian yang didapatnya selama dua tahun terakhir. Berpuluh-puluh kajian ilmiah dalam dua tahun terakhir telah dipublikasikan, nyaris setiap minggu selalu ada satu kajian ilmiah yang mantap mengenai madu yang dipublikasikan di majalah-majalah internasional yang kredibel.

Anjuran Berobat dengan Madu
Alloh Ta’ala berfirman :

“Robbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah rumah-rumah di gunung-gunung, pohon-pohon, dan pada tempat-tempat yang dibikin oleh manusia. Kemudian makanlah setiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Robbmu dengan mudah’; dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia. Sungguh dalam yang demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan (Alloh) bagi kaum yang berpikir.” (An-Nahl [16] : 68-69)

Dalam Sunnah Nabi terdapat beberapa hadits yang diriwa-yatkan, menyebutkan tentang manfaat-manfaat madu serta menjelaskan pentingnya madu dalam penyembuhan. Diriwayat-kan dari Ibnu ‘Abbâs ra, ia berkata : Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Kesembuhan terdapat dalam tiga hal, yakni minuman madu, sayatan alat bekam, dan sundutan api. Aku melarang umatku berobat dengan sundutan api.”366)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga bersabda, “Jika di sebagian obat-obatan yang kalian gunakan terdapat kebaikan, maka itu terdapat dalam minuman madu, sayatan alat bekam, atau sundutan dengan api, tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan api.”367)

Rahasia Kehebatan Madu yang Terungkap oleh Kedokteran Modern
Manusia telah menggunakan madu untuk pengobatan, sejak zaman kuno. Salah satu mitos yang populer di masyarakat adalah bahwa para peternak lebah bisa hidup secara sehat dan berusia panjang, melebihi yang lain.

Para ahli sejarah menyebutkan bahwa Phytagoras hidup dalam usia lebih dari sembilan puluh tahun. Makanan pokoknya sehari-hari terdiri dari roti dan madu.Diskusi tentang madu mendapat banyak perhatian dalam artikel-artikel yang dipublikasikan selama beberapa tahun bela-kangan ini di majalah-majalah kedokteran yang terpercaya, penulis akan mengutip sebagiannya sebagai berikut :

1. Bakteri Tidak Mampu Melawan Madu
Demikian judul sebuah artikel yang dipublikasikan di Majalah Dis Lancet Infect, bulan Februari 2003 M. Dalam artikel ini, Dr. Dixon menegaskan adanya kekuatan besar di dalam madu yang mampu mengalahkan bakteri, di mana bakteri-bekteri itu tidak mampu bertahan di hadapan madu. Penulis menganjurkan untuk menggunakan madu dalam mengobati berbagai jenis luka, termasuk luka bakar.

Berbagai riset ilmiah menunjukkan bahwa karakteristik fisikawi dan kimiawi madu, misalnya tingkat keasaman dan pengaruh osmoticnya, yang berperan dalam efektivitasnya membunuh bakteri. Di samping itu, madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti).

Hasil terakhir adalah bahwa madu melawan pembusukan oleh bakteri dan mempercepat pulihnya luka-luka, luka bakar, dan borok.

2. Penggunaan Madu Sebagai Antiluka
Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Majalah Ann Plast Surg, bulan Februari 2003 M, dilakukan penelitian terhadap 60 pasien berkebangsaan Belanda yang terkena luka dalam, yang bermacam-macam, meliputi luka-luka menahun (21 pasien), luka-luka kompleks (23 pasien), dan luka-luka memar yang parah (16 pasien).

Para peneliti menyatakan bahwa penggunaan madu mudah dilakukan bagi semua pasien, kecuali satu orang, membantu pembersihan luka, dan tidak terjadi efek samping apa pun dari penggunaan madu dalam pengobatan luka-luka tersebut.

Para peneliti menyarankan dalam sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Majalah Arch Surgery tahun 2000 M digunakannya madu untuk melindungi garis tepi luka-luka yang terjadi selama proses operasi pengangkatan tumor.

3. Madu dan Luka Bakar
Dalam rubrik “Luka Bakar” majalah Durns tahun 1996 M, telah dipublikasikan sebuah artikel tentang penggunaan madu untuk pengobatan luka bakar. Artikel tersebut menganjurkan penggunaan madu untuk luka bakar.

4. Madu Kaya Kandungan Antioksidan
Dalam studi yang dipublikasikan pada bulan Maret 2003 M di Majalah Agric Food Chem, para peneliti membandingkan antara pengaruh konsumsi minuman jagung atau madu dengan takaran 1,5 gr/kg berat badan terhadap efektivitas antioksidan. Kandungan plasma antioksidan fenolic telah bertambah dengan persentasi lebih tinggi setelah mengkon-sumsi minuman madu daripada setelah mengkonsumsi minuman jagung. Penelitian tersebut mengindikasikan bahwa antioksidan fenolic yang ada di dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress).

5. Madu dan Kesehatan Mulut
Profesor Amoln menegaskan dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Majalah Dentgen pada bulan Desember 2001 M, bahwa madu bisa memainkan peran penting dalam pengobatan penyakit-penyakit gusi, sariawan, dan berbagai gangguan mulut lainnya, hal itu disebabkan madu memiliki spesifikasi anti bakteri.

6. Madu dan Pengobatan Infeksi Selaput Lendir Akibat Radiasi
Dalam sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Majalah Support Care Cancer, pada bulan April 2003 M, telah dilakukan terhadap empat puluh pasien yang mengidap kanker di kepala dan leher dan mereka itu membutuhkan penyinaran (radio therapy).

Para peneliti berkesimpulan bahwa pemberian madu secara lokal pada saat dilakukannya radioterapi merupakan metode terapi yang efektif, serta tidak memberatkan untuk men-cegah terjadinya infeksi selaput lendir di mulut.

7. Antara Madu dengan Infeksi Lambung (Maagh) dan Tukak Lambung
Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Pharmacolres tahun 2001 M, para peneliti menyatakan bahwa madu bisa membantu pengobatan infeksi lambung. Para peneliti juga melakukan penelitian lain tentang pengaruh madu alami terhadap bakteri yang terbukti bisa menyebab-kan terjadinya tukak lambung atau infeksi lambung, yang dikenal dengan sebutan bakteri pylori. Diperoleh kejelasan bahwa pemberian cairan madu dengan konsentrasi 20 % bisa melemahkan bakteri tersebut di piring percobaan. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Majalah Tropgastroent tahun 1991M.

8. Madu Mencegah Terjadinya Radang Usus Besar (Colitis)
Bisakah madu mencegah terjadinya radang usus besar pada tikus? Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh para peneliti di Universitas Raja Saud di Kerajaan Saudi Arabia. Pertama-tama mereka menciptakan terjadinya infeksi colon pada tikut-tikus percobaan tersebut dengan melukai tikus-tikus itu dengan acetic acid, setelah tikus-tikus itu diberi madu, glukosa, dan fruktosa melalui mulut dan anus selama empat hari. Para peneliti berhasil mengetahui bahwa madu bisa berperan baik dalam melindungi colon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat.

Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda kepada orang yang datang kepada beliau, melaporkan bahwa saudaranya mengeluh sakit perut. Maka, beliau bersabda, “Minumkan madu kepada-nya…”.368)

9. Madu dan Kulit Kepala
Karena madu berkhasiat membunuh bakteri, sekaligus ber-fungsi sebagai anti jamur dan antioksidan, serta memiliki kandungan gizi yang tinggi, maka seorang peneliti bernama Dr. Wailial telah melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui pengaruh madu dalam mengobati dermatitis (infeksi kulit) karena minyak dan ketombe.

Hasil-hasil penelitiannya dipublikasikan dalam majalah Eurjmealres pada tahun 2001 M. Ia telah mempelajari 31 pasien yang terkena infeksi kulit karena minyak yang kronis, yang mengenai kulit kepala, wajah, dan bagian depan dada. Mereka itu terdiri dari dua puluh orang pria dan sepuluh orang wanita, usia mereka berkisar antara 15-60 tahun.

Penyakit-penyakit kulit yang ada pada mereka menimbulkan sisik-sisik putih di atas permukaan kulit yang kemerah-merahan. Para pasien diminta memakai cairan madu dengan konsentrasi 90 % (madu yang dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala dan wajah sambil diurut-urut pelan terus-menerus selama 2-3 menit.

Madu tersebut dibiarkan selama kurang lebih tiga jam sebelum dicuci dengan air hangat. Para peneliti terus memonitor kondisi para pasien setiap hari, khususnya terkait dengan keluhan gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Terapi ini dilakukan selama empat pekan, ternyata masing-masing pasien merespon baik sekali terapi ini. Gatal dan ketombe mereka hilang selama satu minggu, sedangkan penyakit-penyakit kulit sembuh dalam jangka waktu dua minggu.369)

Benarlah firman Alloh Ta’ala, “Dari perut lebah itu keluar minuman yang beraneka ragam warnanya, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (An-Nahl [16] : 69)10. Madu dan Pengobatan Kencing Manis370)

Madu bisa menurunkan kadar gula di dalam darah para pengidap penyakit diabetes. Bukti-bukti menguatkan bahwa di dalam madu terdapat unsur oksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah, sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi.371)

Madu merupakan nutrisi kaya vitamin B1-B5-C, di mana para pengidap diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Madu mengandung sekitar seratus unsur yang berbeda-beda yang tergolong sangat penting bagi tubuh manusia, khususnya bagi para pengidap diabetes.372)

Manfaat madu ini bisa dipastikan bila penyebab kencing manis bukanlah tidak adanya insulin sama sekali, melainkan sulitnya menstimulasi sel-sel yang memproduksi insulin di dalam darah. Dalam kondisi seperti ini, sesendok kecil madu373) akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Tapi, pengidap kencing manis harus melakukan analisis darah sebelum dan sesudah meminum madu, untuk menentukan takaran yang diboleh-kan untuknya di bawah pengawasan dokter.

___________________________________

366) Shohîhu `l-Bukhôrî (5680).
367) Shohîhu `l-Bukhôrî (5702).
368) Muttafaqun ‘alaih : Bukhôrî (5684) dan Muslim (2217).
369) Artikel Asrôru `l-‘Asal Tatajallâ fi `th-Thibbi `l-Hadîts, Dr. Hassân Syamsu Bâsyâ, Hai’atu `l-I‘jâzi `l-‘Ilmî fi `l-Qur’ân wa `s-Sunnah, edisi kelima belas, 1424 H.
370)At-Tadâwî bi ‘Asali `n-Nahl, ‘Abdul Lathîf ‘آsyûr, hal. 94.
371) Buku Syafâkallôhu wa ‘آfâka, ‘Alî Rôwî.
372)Ath-Thibbu wa `n-Nahl, Dr. Na‘ûm Pitrovitsm, diterjemahkan oleh Dr. Ibrôhîm Manshûr Syâmî, hal. 90.
373)Harap diperhatikan supaya madu yang diminum benar-benar alami, tanpa campuran makanan lebah yang disediakan oleh para peternak madu, misalnya gula dan jeruk yang biasa mereka sediakan untuk makanan lebah.

Sumber: http://www.thibbun-nabawi.com/kesehatan/pengobatan-dengan-madu-2.html
Katalog Produk & Harga

About these ads

29 Responses to “Cara Pengobatan dengan MADU”

  1. Mukhri said

    Umurku 25 th. Aku didiag colitis, udah 3 bulan aku sakit. Awalnya diare, setelah 1 minggu BAB ku berdarah dan berlendir kehitaman. 2 kali aku masuk RS. Diag pertama kata dokter tipus, yg kedua colitis. Dari BB 70 kg hingga menjadi 55 kg. Sejak sakit aku slalu membaca Al gur’an, hingga aku temukan tentang madu. Sejak itu madu menjadi obat pilihanku. Setelah meminumnya beberapa hari rasanya tenagaku mulai pulih, dan ususku agak terasa membaik, aku jg memakan obat yg direpkan dokter. Skrg aku mulai baikan. BB ku jg bertambah 1 kg. Tap masih ada rasa sedikit gangguan di ususku. Moga aja dgn meminum madu lg Allah menyembuhkan sakit ku ini. Amin..
    Tolong aku ya, minta saran. minum madu yg bgs gimana..
    Mail: roezal@yahoo.co.id

    #
    Semoga Allah mengangkat penyakit Antum.
    Memang benar madu sesuai dengan haditsnya mampu mengobati sakit perut, rutinkan minum madu
    Pagi hari ketika perut kosong, minum sirup madu (madu plus air dingin/ air suhu kamar) dipercaya mampu membersihkan pencernaan kita.
    Selain madu, tambahkan dengan habbatussauda.
    Sesuai dengan hadits Rasulullah shalalahu ‘alaihi wa sallam
    Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit as-samu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu ‘anha) bertanya: “Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari no. 5687 dan Muslim no. 5727)
    habbatussauda mampu mengobati penyakit, untuk penyakit yang menyerang pencernaan dan sudah kronis, coba aja yang bentuk minyak, karena yang berjenis minyak konsentrasinya lebih tinggi.
    JBegitu juga dengan Zaitun, mampu mengobati berbagai penyakit dalam pencernaan.
    Alhamdulillah saat ini sudah ada produk yang menggabungkan ke-3 jenis thibbun nabawi tersebut.
    Ada Mahabbah 3 in 1, Syifa’ Fit, Barokah, Kapsul Syifa’ Fit, Habbat’S Sehat dll.
    Silahkan dilihat di katalog kami bagian “Kombinasi”
    Semoga bermanfaat.
    Barakallahu fik

  2. anita said

    assalamualaikum.wr.wb
    saya mengetahui bahwa madu memiliki khasiat untuk pengobatan sudah cukup lama. apalagi al quran pun telah menegaskanya.
    saya punya masalah rambut rontok. apakah dengan madu rambut 5rontok saya bisa diobati?
    Apabila madu tersebut dioleskan pada kulit kepala, bnerarti untuk membilasnya harus menggunakan air hangat. setahu saya, bila membilas rambut dengan air hangat dapat menmbuka pori-pori kulit, yang justru memperparah rambut rontok.
    mohon minta saranya untuk masalah tersebut. karena saya sudah melakukan berbagai usaha untuk mengatasi masalah saya tersebut, namun tetap saja gagal. semoga dengan saran ini dapat membantu masalah saya.
    sebelumnya terima kasih. tolong balasanya di kirim ke alamat email saya.
    wassalamualaikum. wr.wb

    # Wa’alaikum salam warrohmatullah
    Coba diberikam minyak zaitun.
    Caranya usapkan minyak zaitun dirambut serta kulit kepala sambil dipijit2, kemudian selang sekitar 1 jam, keramas seperti biasa.
    Mudah2 an jika dilakukan dengan teratur rambut akan tampak lebih bagus dan tidak rontok lagi
    Untuk info lebih detail silahkan browse di google tantang kaitan zaitun dan rambut.
    atau akses url berikut :

    http://thibbunnabawi.wordpress.com/2008/03/06/zaitun-dan-keindahan-rambut/

    Wallahu a’lam

  3. Titi said

    Ass..Sy mau nanya tentang penyakit kanker kandungan (cario carsinoma).Itu bagian perut jg ya?,apa bs diobati dgn meminum madu?.Ada ga pengobatannya tanpa harus kemoterapi?…Thanks b4…

  4. mita_cahyani2002 said

    Ass, saya disini hanya ingin menanyakan tentang hukum berobat dengan madu sejarah pengobatan madu

  5. mita_cahyani2002 said

    Ass, saya disini hanya ingin menanyakan tentang hukum berobat dengan madu dan sejarah pengobatan madu menurut sunnah rosul

  6. fitri ani said

    assalamualaikum wr. wb
    mungkin sayaa tidak banyak tahu tentang berobat menggunakan madu , karenaa itu saya ingin menanyakan bagaimana berobat menggunakan madu.
    wassalamualaikum wr. wb

    # Diminum aja Pak, sehari 1 atau 2 sdm, Insya Allah bermanfaat. Atau dicampurkan dengan air jadi sirup madu..hm..hm..enak dan bermanfaat

  7. aas said

    assalamualaikum,

    sepengetahuan saya madu memang mempunyai banyak keampuhan dalam segala hal dalam mengobati penyakit2 ataupun yang lainnya, tapi disini saya mau bertanya
    “menurut yang pernah saya baca dibuku2 atau pun diartikel2 kalau madu bisa mengobati luka bakar atau pun luka pada kulit, nah saya pernah jatuh dari kendaraan dan dan mempunyai bekas dikulit, jadi bagaimana caranya jika menggunakan dengan madu?

    thanks
    wassalamualaikum,

  8. usel said

    obat infeksi lambung secara tradisiolan?

    # Konsumsi sirup madu (madu dicampur air) setelah bangun tidur di pagi hari..
    Mudah2an bermanfaat..
    Barakallahu fiikum

  9. patrice said

    saya ingin menanyakan bagaiman cara mengobati penyakit gula yang disertai susah bernafas, dan sakit maag dengan menggunakan madu
    thanks

  10. Panca B. Nugroho said

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

    Andai saja aku membaca halaman ini dari dulu, sekarang aku masih bisa bermain dengan anakku saat ini …..
    Anakku Rayhand Visi Bahtiar, 5,5 tahun. meninggal 16 Januari 2010, karena infeksi lambung (terjadi pendarahan di lambung, lalu bakteri / virusnya langsung menyerang ke otak) begitu keterangan dari Dokter RSI.
    “Ma’afin ayah nak … ayah nggak bisa ‘njagain dan merawat Rere dengan baik ….”

    • ronysetyo said

      Wa’alaikum salam warrohmatullah
      Bapak Panca..kami dari management R-Syifa herbal Center turut berduka cita terhadap musibah yang menimpa Bapak.
      Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada seorangpun yang tertimpa suatu musibah, kemudian ia mengucapkan :
      Innaa lillahi wa innaa ilaihi raji’uun Allohumma’jurnii fi mushiibati wa akhlif li khoiron minha ” kecuali Allah Ta’ala akan memberinya pahala dari musibah tersebut dan memberinya pengganti dengan yang lebih baik daripada musibah itu.[H.R Muslim 2/632
      ]

      Dan tidaklah tepat kita berandai2 terhadap musibah yang menimpa kita…
      karena hal ini akan membuka pintu syaithon pada diri kita..
      Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam
      Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: ‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kau katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi.’ Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu syaithon.” (HR. Muslim)

      Apa hikmah tidak boleh mengatakan ‘Seandainya aku melakukan demikian, maka pasti akan demikian dan demikian’? Hal ini diterangkan dalam perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selanjutnya, “Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu syaithon.” Maksudnya apa? Yaitu perkataan law (seandainya) dalam keadaan seperti ini akan membuka rasa was-was, sedih, timbul penyesalan, dan kegelisahan. Akibatnya karena rasa sedih semacam ini, engkau pun mengatakan, “Seandainya aku melakukan demikian, maka pasti akan demikian dan demikian”.

      Oleh karena itu, Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengatakan, “Akan tetapi hendaklah kau katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah”. Maksudnya adalah ini semua sudah menjadi takdir dan ketetapan-Nya. Apa saja yang Allah kehendaki, pasti Dia laksanakan.

      إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ

      “Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.”(QS. Huud: 107)

      Tidak ada seorang pun yang berada di bawah kekuasaan-Nya mencegah kehendak-Nya. Jika Dia menghendaki sesuatu, pasti terjadi.

      Akan tetapi, wajib engkau tahu bahwa Allah subhnahu wa ta’ala tidak melainkan sesuatu melainkan ada hikmah di balik itu yang tidak kita ketahui atau pun sebenarnya kita tahu. Yang menjelaskan hal ini adalah firman Allah Ta’ala,

      وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

      “Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Insan: 30)

      Ayat di atas menjelaskan bahwa kehendak Allah berkaitan dengan hikmah dan ilmu. Betapa banyak perkara yang terjadi pada seseorang, namun di balik itu ada akhir yang baik. Sebagaimana pula Allah Ta’ala berfirman,

      وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ

      “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu.” (QS. Al Baqarah: 216)

      Semoga Allah memberi rahmat pada bapak dan keluarga Bapak..
      Berprasangka baiklah kepada ALlah boleh jadi Allah menyiapkan skenario yang lebih baik lagi buat Bapak dan keluarga Bapak..
      Barakallahu fiikum

  11. wawan said

    assalamualaikum…
    saya mau bertanya,apakah madu juga bisa menyembuhkan penyakit ephilepsi, kalau bisa bagaimana caranya…tolong dibantu wahai saudaraku, saya sudah 5 tahun mengidap penyakit ini
    trim’s….

  12. anie ashfiya said

    Assalamu’alaikum,
    saya pernah USG dan hasilnya ada kista endometriosis, alhamdulillah setelah pengobatan dinyatakan sembuh. tapi sekarang saya sering merasa sakit diperut sebelah kiri, apalagi kalo mau BAB, rasanya sakit sekali. Apakah ini penyakit pencernaan atau ada hubunganya dengan kista yang pernah saya derita? Bagaimana cara pengobatan dengan madu yang benar (cara mengkonsumsinya).
    Terima kasih. Jazakumullah khoiron katsiron
    Wassalamu’alaikum.

  13. iqbal said

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    saya mau bertanya : saya punya penyakit lambung yang menyebabkan saya sering pusin-pusing dan sesak napas kalo terlalu capek,,,
    yang mau saya tanyakan, bagaimana cara mengobati penyakit lambung saya ini dengan menggunakan MADU…???
    terimah kasih atas jawabannya.
    wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  14. nur said

    kalo penyakit kulit spt harvest ?herpes bisa gak dengan madu?

  15. risa said

    assalammu’alaikum,
    sudah 2 bulan belakangan ini, saluran cerna saya mulai dari tenggorokan sampai kelambung infeksi, jika ada makanan atau minuman yang masuk maka langsung keluar kembali bercampur darah. kondisi seperti ini membuat saya sampai harus dirawat dirumah sakit. alhamdulillah sekarang mulai membaik.
    tapi saya masih merasakan sakit lambung tersebut. bagaimana cara pengobatan dengan madu ini. dan dimana saya bisa memesannya?

  16. andry said

    Assalamualaikum Wr. Wb,
    3 bulan ini saya menderita infeksi lambung, jika sudah kumat perut saya rasanya sakit sekali, sampai susah melakukan aktifitas. Saya mau tanya bagaimana jika menggunakan pengobatan dengan madu di campur dengan kunyit, karena perasan air kunyit jg memiliki efek mendinginkan perut.
    Terimakasih atas jawabannya,
    Waalaikum salam Wr Wb

    • ronysetyo said

      Iya air kunyit sangat tepat dipakai terapi keluhan sakit perut atau kembung atau maag
      Jangan lupa ditambah madu juga terapinya..
      Barakallahu fiikum

  17. salsabilah said

    Assalamu’alaykum
    afwan mau tanya, kalau terapi untuk penyakit diabetes?
    Abah saya pernah minum balanus, dan selama minum balanus, alhamdulillah gula darahnya normal
    tp sejak tiga bulan yg lalu tidak minum lagi sehingga gula darahx naik lagi.
    Jika menggunakan terapi madu bagaimana carax?

  18. gugun said

    Assalamualaikum Wr. Wb,
    saya mau tanya 1 bulan lalu saya ditipu (dihipnotis) maaf alat vital saya seperti di masukin sejenis minyak entah itu silikon atau minyak apa saya ga tau. yang saya rasakan sekarang mulai terjadi gumpalan2 di batang ataupun di pangkal alat vital pas rambut pubis. peredarab darahnya seperti tidak lancar.
    klo menggunakan terapi madu sma minyak zaitub bisa g?
    mohon reply terimakasih sebelumnya

  19. umy said

    assalamu’alaikum…
    saya sudah 1 thun ni mnderita sesak napas…pha sesak napas bisa di obati dgan madu??dan bgaimana cra pengobatan@?pha ada bahan lain yg bsa di campur dengan madu tsb utk pnyakit sesak napas???

  20. Maharani said

    very helpful info.. thanks

  21. RHepalmi said

    Ass..q repal ne mw nanya gimana cara pengobatan penyakit saya dngan menggunakn madu.karna sudh lma tahun aq mengidp pnyakt maag.bizz diperiksa oleh dokter d,rumah sakit.ternyata lambung saya telah imfeksi.jd lw saya mengguna kn madu pengobatan bagai mna cara makai nya.trmksh…..

    • ronysetyo said

      Untuk pengobatan lambung bisa dirutinkan dengan tiap pagi bangun tidur minum madu dengan dicampurkan air minum diaduk ..semoga Allah memberikan kesembuhan pada Bapak..barokallahu fiikum

  22. April said

    Assalamualaikum, wr. wb.
    Saya mengalami gangguan kesehatan di saluran kencing, tapi sekarang sudah mendingan. kemudian saya teringat tentang terapi madu, dan mulai mengkonsumsinya 3x satu sendok sehari.
    Apakah madu bisa digunakan untuk terapi demikian atau bagaimana cara menggunakannya?
    serta apakah madu juga bisa digunakan untuk terapi penyakit Hati/liver dan lambung?

    • ronysetyo said

      Coba madunya dibuat menjadi sirup madu hangat..
      Plus habbatussauda plus air hangat..Insya Allah membantu masalah di saluran kencing..
      Barakallahu fiikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 74 other followers

%d bloggers like this: